Berita

    Tetap Dingin! Mengenal Komponen AC Mobil dan Fungsinya

    Untuk bisa memberikan udara yang sejuk, ada banyak komponen AC mobil yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. komponen-komponen tersebut. Akan tetapi, faktanya masih banyak pemilik mobil yang belum paham komponen-komponen yang terdapat dalam AC di mobil mereka.

    Padahal, pengetahuan mengenai komponen-komponen ini juga penting untuk menjaga AC agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Simak infonya di sini.

    Komponen AC Mobil yang Penting

    Ketika berada di dalam mobil, AC merupakan perangkat yang tak boleh diabaikan. Keberadaan AC sangat penting, terutama saat cuaca panas.

    udara sejuk yang dihasilkan oleh alat ini tercipta karena peran Komponen-komponen di dalamnya. berikut ini adalah daftar komponen AC yang perlu dipahami.

    • Kompresor

    Komponen ini sering disebut juga "jantung" dari sistem AC. Fungsinya adalah meningkatkan tekanan pada pendingin agar dapat berubah dari bentuk gas menjadi cairan.

    Cairan pendingin ini memungkinkan aliran udara masuk ke kondensor. Cara kerja kompresor terbilang penting, yaitu menghisap gas dingin dan mengeluarkan gas panas.

    • Kondensor

    Kondensor bertanggung jawab dalam mengendalikan kondensasi. Fungsi kondensor hampir mirip dengan radiator mobil, yakni memancarkan panas.

    Ketika ingin meningkatkan suhu udara AC mobil menjadi lebih tinggi, cairan pendingin yang dipompa oleh kompresor harus melewati proses konveksi yang dibantu oleh kipas radiator atau kipas lainnya.

    • Expansion Valve

    Expansion valve berperan penting dalam memperluas tekanan tinggi dengan mengirimkan cairan pendingin bersuhu rendah ke kondensor. Sesuai dengan namanya, fungsi ini bertujuan untuk mengontrol ekspansi dan mengurangi tekanan.

    • Evaporator

    Komponen ini menyerap panas dari mobil dan mengubahnya menjadi cairan pendingin, lalu menjadi gas. Itulah sebabnya, udara dingin dapat dinikmati melalui kipas yang terletak di bagian kursi penumpang.

    • Receiver Dryer

    Receiver dryer berfungsi sebagai pelindung untuk menjaga keselamatan mobil. Komponen ini adalah antara gas dan cairan yang fungsinya menghilangkan kelembaban sekaligus mem-filter kotoran.

    Biasanya, komponen ini dilengkapi dengan kaca transparan di bagian atas dan sering digunakan untuk mengisi ulang sistem.