Berita

    Ketahui Penyebab Ban Belakang Mobil Miring

    Komponen paling vital pada kendaraan roda empat salah satunya adalah ban. Ban depan dan belakang depan menjadi komponen penunjang vital agar mobil Anda dapat bergerak. Namun, apa yang terjadi jika ban belakang mobil miring dan membuat mobil tidak stabil?

    Kondisi ban belakang mobil yang miring dapat membahayakan pengemudi dan membuat rasa tidak nyaman ketika mengendarai. Sebagai pengendara mobil, Anda tentu tidak menginginkan marabahaya dan kerugian akibat miringnya ban belakang, bukan?

    Pada artikel ini, terdapat informasi tentang penyebab mengapa ban belakang mobil dalam kondisi miring, agar Anda dapat mengetahui cara untuk mencegahnya. Yuk, jangan lewatkan pembahasan berikut!

    5 Penyebab Ban Belakang Mobil Miring

    Keadaan mobil yang tidak seimbang yang membuat proses pengemudian Anda menjadi tidak seimbang dan tidak aman adalah masalah yang harus dicari akar penyebabnya. Maka dari itu, ketahui 5 penyebab ban belakang mobil Anda miring di bawah ini:

    • Setir Mobil Tidak Lurus

    Penyebab pertama ban mobil belakang Anda miring atau tidak lurus adalah setir mobil yang juga tidak lurus. Terkadang ketika Anda parkir, Anda lupa untuk meluruskan setir yang berakibat pada ban-ban mobil Anda yang miring dan tidak lurus.

    Pada waktu tertentu, hal ini dapat mengakibatkan masalah, seperti mengganggu mobil lain yang ingin parkir. Maka dari itu, solusinya adalah Anda wajib memperhatikan kondisi setir ketika ingin memarkir mobil pada posisi tertentu.

    • Masalah Ketebalan Ban

    Kemiringan ban belakang mobil dapat juga disebabkan karena aus atau menipisnya lapisan penyusun. Kondisi ban yang menipis ini akan menjadi masalah, baik dalam pergerakan mobil yang tidak seimbang dan membuat setir jadi lebih berat.

    Solusi terbaik dalam masalah ini adalah mengganti ban yang aus tersebut dengan ban baru. Anda juga diwajibkan untuk rutin mengecek kondisi ban belakang maupun depan sebelum pergi mengendarai mobil Anda.

    • Ban Menghantam Jalan Berlubang

    Masalah ban belakang mobil miring berikutnya adalah disebabkan oleh ban yang sering menghantam jalan berlubang. Tidak semua jalan yang Anda lalui akan rata dan mulus, yang mana kondisi akan memengaruhi ban mobil Anda.

    Jika Anda mengendarai mobil terlalu cepat, lalu menghantam jalan berlubang maka hal ini dapat membuat ban belakang mobil Anda miring. Jadi, Anda wajib menghindari mengemudi di jalan berlubang dan berjalan pelan jika terpaksa melewatinya.

    • Terlalu Sering Berkendara Di Jalan Rusak