Berita

    Ketahui Penyebab Kaca Mobil Tidak Berfungsi

    Kaca mobil macet dan susah ketika akan dibuka terkadang menjadi salah satu masalah yang sangat menyusahkan. Power window yang rusak bisa menjadi salah satu alasannya. Apa saja penyebab kaca mobil tidak berfungsi?

    Beberapa Penyebab Kaca Mobil Tidak Berfungsi

    Sebelumnya telah disebutkan jika power window bisa menjadi salah satu penyebab kaca mobil tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun, Anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab lainnya, yaitu: 

    • Power Window Kaca Mobil yang Rusak

    Untuk lebih jelasnya mengapa rusaknya Power Window menjadi kemungkinan pertama ketika kaca mobil Anda tidak berfungsi pahami dulu fungsinya. Power window adalah salah satu tombol elektronik pada mobil yang berfungsi untuk menaik-turunkan jendela mobil secara otomatis.

    Rusaknya power window ini seringkali disebabkan oleh sekring atau fuse yang sedang korslet. Jika sedang terjadi konsleting pada sekring, power window otomatis akan tidak berfungsi dan menyebabkan kaca mobil tidak dapat terbuka.

    • Power Window yang Konslet

    Penyebab kedua untuk masalah ini kemungkinan berasal dari power window yang sedang konslet. Kerusakan ini bisa saja disebabkan oleh terbakarnya saklar power window. Plastik yang berada pada saklar hangus, sehingga membuat power window tidak berfungsi normal.

    • Kerusakan pada Dinamo Power Window

    Jika tidak ditemukan masalah pada dua penyebab masalah di atas, penyebab selanjutnya kemungkinan berasal dari dinamo power window yang rusak. Dinamo pada power window inji berfungsi untuk mengatur dan menjalankan naik turunnya kaca jendela mobil. Dinamo ini terletak pada bagian dalam pintu mobil. 

    Namun, jangan khawatir! Terdapat tanda-tanda yang dimunculkan bila dinamo power window ini rusak. Jika kaca mobil Anda seret saat dibuka dan mengeluarkan bunyi berdecit, kemungkinan besar dinamo power window Anda memang rusak.

    Jika memang ditemukan konsleting pada dinamo power window Anda, otomatis kaca mobil Anda tidak akan berfungsi dengan normal.

    • Dudukan Regulator Kaca yang Lepas

    Penyebab kaca mobil tidak berfungsi selanjutnya kemungkinan berasal dari dudukan regulator kaca mobil Anda yang rusak. Regulator kaca mobil mempunyai fungsi untuk membantu dinamo power window untuk menaik turunkan kaca mobil. 

    Jika regulator ini rusak, sudah dipastikan power window pun tidak akan berfungsi secara normal. Biasanya, penyebab rusaknya komponen mobil yang satu ini adalah karena sudah sering dipakai dan terlalu lama tidak diganti.