Berita

    Tips Bikin Kabin Mobil Segar Saat Mudik

    Menyambut Lebaran, para pemudik tak pernah absen untuk memenuhi jalur mudik, baik itu dengan motor ataupun mobil. Namun biasanya, kendaraan yang paling sering digunakan adalah mobil.

    Jika berkendara dengan mobil, pasti kamu menginginkan kabin yang segar agar mencegah rasa mual. Ruang kabin mobil yang berdebu dan berbau tidak sedap sangat mempengaruhi aktivitas berkendara.

    Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan ruang kabin pada mobil memiliki udara yang segar, agar lebih nyaman dan aman ketika berkendara.

    Ada cara praktis untuk membuat udara mobil menjadi segar. Berikut cara yang bisa kamu lakukan sendiri agar kabin mobilmu lebih segar saat mudik.

            1. Menggunakan produk pembersih mobil.

    Sebelum melakukan aktivitas mudik, gunakanlah produk pembersih favorit yang sesuai dengan kenyamanan pengendara. Terlebih lagi, produk pembersih mobil dapat bekerja lebih baik ketimbang menggunakan wewangian aromatik.

            2. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ventilasi udara yang ada di depan mobil. 

    Setiap penyumbatan atau pengumpulan kotoran pada ventilasi udara dapat mengurangi kualitas udara pada kabin mobil.

    Caranya, untuk bagian dalam bisa kamu gunakan sikat bulu halus dan membersihkan secara menyeluruh dengan perlahan-lahan agar tidak rusak. Sementara untuk bagian luar, kamu bisa gunakan penyedot debu supaya memberikan hasil yang maksimal dalam pembersihan.

            3. Gunakan pengharum ruangan agar lebih alami dan tahan lama

    Kamu bisa gunakan biji kopi sebagai pengharum kabin mobil. Diketahui, biji kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menyerap bau. Selain itu, kandungan nitrogen dalam kafein bekerja sebagai enzim dan memberi energi pada karbon yang membersihkan udara kotor dan meninggalkan udara segar di dalam kabin mobil.

    Sebagai pemilik mobil, kamu bisa menggunakan kantong kecil berisi biji kopi dan meletakkannya di bagian bawah sehingga menciptakan ruangan yang lebih harum.

            4. Jangan lupa untuk bersihkan secara detail sudut-sudut interior mobil.

    Hal itu berguna untuk memeriksa apa ada barang yang menimbulkan bau tidak sedap pada kabin mobil. Untuk cara praktisnya, kamu bisa gunakan penyedot debu kecil pada area yang sulit dijangkau agar tidak ada kotoran dan bakteri yang hinggap di area tersebut.