Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab dan Solusi Mobil Berdengung Pada Kecepatan Tinggi

    Biasanya suara mobil berdengung akan dialami oleh mobil yang telah berumur. Hal ini disebabkan karena suku cadang mobil yang sudah tua biasanya sudah rusak, usang dan yang lainnya. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, lebih-lebih jika mobil tersebut jarang dirawat. 

    Bukan hanya mengganggu kenyamanan berkendara karena mobil yang terdengar berisik, tetapi suara mesin yang berdengung dapat menjadi tanda adanya kerusakan komponen. Kerusakan komponen ini dapat berbahaya bila penyebabnya tidak segera ditemukan. 

    Penyebab Mobil Berdengung

    Berikut sejumlah penyebab suara mesin berdengung, antara lain:

            1. Bearing Pulley Aus

    Rangkaian mesin mobil terdapat berbagai macam komponen yang digunakan untuk mendukung kinerjanya dengan maksimal. Tetapi salah satu bagian yang vital dan dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara adalah ausnya pulley mesin. 

    Di dalam mesin memang ada begitu banyak lilitan belt dan banyak pulley di sana seperti pulley alternator, pulley idler dan yang lainnya. Bila salah satunya mengalami kerusakan, suara mesin menjadi berdengung ketika dinyalakan. 

    Bagian yang mengalami kerusakan ini harus segera diganti, agar dapat mengembalikan kondisi mesin. 

            2. Rusaknya Bagian Pompa Power Steering

    Penyebab lain munculnya suara mesin berdengung adalah rusaknya pompa power steering. Hal tersebut umumnya terjadi pada mobil yang menggunakan power steering. Masalah ini muncul karena terdapat sejumlah komponen yang menempel pada mesin mobil. 

    Komponen yang menempel ini semakin lama akan aus dan menimbulkan bunyi dengung. Apalagi saat mobil berbelok dan bunyi terdengar pengemudi. Itulah mengapa bagian power steering harus sering dicek serta dirawat agar bisa bekerja dengan maksimal. 

            3. Kompresor AC Mengalami Kerusakan

    Rusaknya kompresor AC juga dapat menyebabkan mobil berdengung. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Ketika metal yang berada di dalam kompresor AC mulai aus, suara mendengung akan muncul. 

    Bila hal ini terjadi, besar kemungkinan AC mobil tidak berada dalam kondisi yang prima. Lebih-lebih bila freon AC tersumbat dan akhirnya kondisi menjadi semakin buruk. 

    Tips Mengatasi Suara Mobil yang Berdengung

    Agar dapat mengatasi suara mobil yang berdengung, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain: