Berita

    Cara Mudah Merawat Sensor Kamera Parkir pada Mobil

    Sensor kamera parkir menjadi salah satu fitur standar yang sekarang ini sudah jamak ditemukan pada kendaraan beberapa pabrikan. Brand ternama seperti Suzuki telah menggunakan fitur ini pada produk yang mereka miliki. 

    Umumnya, sensor serta kamera parkir akan berada di bagian belakang sehingga bisa membuat pengendara untuk parkir mundur. Namun, karena lokasinya ada di bawah mobil, benda ini rentan terkena kotoran. 

    Selain itu kamera serta sensor mobil menjadi perangkat elektrik yang rentan rusak bila tidak memperoleh perawatan yang baik. Sehingga bila kendaraan yang Anda miliki sudah dipasang dua komponen ini, Anda harus melakukan perawatan sehingga bisa digunakan dengan maksimal. 

    Cara Merawat Sensor Kamera Parkir Mobil

    Pada dasarnya, merawat sensor kamera parkir mobil menjadi hal yang mudah, bahkan tidak memerlukan perlakuan khusus. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar fitur ini bisa terjaga dengan baik, seperti:

    1. Bersihkan Sensor Kamera dengan Teratur

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sensor kamera ini memiliki letak di bagian bawah mobil sehingga sangat rentan rusak. Oleh sebab itu menjaga kebersihannya menjadi hal wajib yang harus dilakukan para pemilik mobil. 

    Dengan terjaganya kebersihan sensor kamera, fitur ini bisa bekerja secara maksimal. Anda bisa memastikan setiap beberapa hari sekali jika tidak ada lumpur atau kotoran yang tertempel di sensor. 

            2. Lakukan Cara Pembersihan dengan Benar

    Selain membersihkan kamera sensor secara teratur, pembersihan juga harus dilakukan dengan benar. Sebenarnya cara untuk membersihkannya tidak sulit. Anda bisa menyemprotkan air ke arah kamera sensor kemudian mengelapnya. 

    Tetapi, ketika menyemprotkan air, hindari menyemprotkannya dengan tekanan tinggi. Penyemprotan sensor kamera dengan tekanan tinggi justru bisa merusak sistem sensor, bahkan bisa menimbulkan arus pendek karena terlalu kencang dan terlalu banyak terkena air. 

    Selain itu, durasi penyemprotan juga tidak boleh terlalu lama. Sedangkan pada bagian kamera, Anda hanya perlu mengelap dengan menggunakan kain bersih dan lembut sehingga tidak akan menimbulkan baret lensa. Untuk membersihkan kamera, Anda dapat menggunakan kain microfiber.

            3. Hindari Mengecat Sensor dan Kamera

    Hal ini mungkin sering dilupakan pemilik mobil ketika sedang mengoreksi cat rusak atau sedang mengecat ulang mobil. Ketika mengecat ulang mobil, pemilik biasanya tidak menyadari bila sensor juga ikut di cat, padahal hal ini akan mengganggu kinerjanya.