Berita

    Tips Jitu Menghadapi Ban Mobil Pecah Saat Berkendara

    Pecah ban dapat terjadi pada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Tak jarang ban mobil pecah dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang sangat fatal.

    Umumnya, pecah ban terjadi di jalan tol. Hal ini dikarenakan mobil yang melaju di jalan tol dalam kecepatan tinggi dan kebanyakan menempuh perjalanan jarak jauh sehingga mobil jarang melakukan pemberhentian.

    Tenang saja,, risiko pecah ban dapat Anda minimalisir dengan melakukan beberapa cara. Salah satunya adalah selalu mengecek kondisi ban sebelum perjalanan.

    Jika sudah melakukan pengecekan rutin namun mobil tetap mengalami pecah ban, menandakan ada penyebab yang lainnya. Yuk simak hal-hal apa saja yang menjadi penyebab mobil mengalami pecah ban berikut ini!

    Ketahuilah Penyebab Ban Mobil Pecah

    Berikut 6 faktor yang menyebabkan mobil mengalami pecah ban.

            1. Kekurangan Tekanan Udara

    Jangan anggap sepele mengenai tekanan udara ban mobil Anda. Ban yang memiliki tekanan udara kurang atau tidak sesuai dengan ukurannya berisiko mengalami pecah ban.

    Sebelum melakukan perjalanan, pastikan ban mobil Anda aman. Lakukan pengecekan tekanan ban secara berkala.

            2. Ban Mobil Tidak Dirawat

    Ban mobil juga membutuhkan perawatan layaknya komponen mobil lainnya. Lakukan perawatan dengan mengecek karet yang membungkusi pelek mobil. Periksa bagian dasarnya dan bersihkan jika terdapat kotoran atau benda seperti batu kecil yang menempel. Jangan dibiarkan meski hanya batu kecil.

            3. Tertusuk Sesuatu yang Tajam

    Penyebab selanjutnya adalah ban menginjak benda-benda tajam yang dapat menusuk ban sehingga menyebabkan mobil mengalami pecah ban. Apalagi jika mobil yang sedang melaju kencang menginjak benda tajam, hal ini dapat menyebabkan karet ban mobil sobek dan berakibat fatal.

            4. Membawa Mobil Secara Kasar

    Mobil juga harus diperlakukan halus oleh para pengemudi. Hindari melakukan rem mendadak, manuver kasar, melaju kencang, dan malas untuk mengerem saat terdapat halangan di jalan.

            5. Fisik Ban Dalam Kondisi Tidak Baik

    Tidak hanya faktor luar saja, terkadang ban pecah akibat dari fisik ban tersebut. Seperti ban yang sudah tidak layak dan tipis karena sudah lama dipakai. Ban yang tipis namun tetap dipaksakan membawa beban berat dapat menyebabkan pecah ban. Hal ini dikarenakan ban sudah tidak kuat menahan beban kendaraan.