Berita

    Lampu Rem Nyala Terus, Ini Dia Penyebabnya

    Penyebab lampu rem mobil nyala terus bisa terjadi karena banyak faktor. Lampu rem merupakan komponen penting dalam memberikan informasi visual kepada pengemudi lain ketika sedang berada di jalan.

    Biasanya, lampu rem akan menyala saat pengemudi menyalakan mobil atau saat ingin menggunakannya dalam kondisi tertentu. Namun kadang lampu rem terus menyala meski tidak digunakan. Apa sebabnya? Mari kita lihat:

            1. Terjadi Masalah pada ABS

    Dalam beberapa kasus, lampu indikator rem mobil terus menyala adalah karena ada masalah dengan sistem ABS. Sistem ABS sendiri memiliki fungsi untuk mencegah rem terkunci saat pedal rem diinjak.

    Untuk mengatasi hal ini, kalian harus mengunjungi bengkel terdekat agar bisa dilakukan penanganan oleh para ahli. Jangan coba diperbaiki secara sembarangan, ya! Kalian bisa merusak sistem ABS.

            2. Switch Rem Rusak

    Penyebab pertama rem mobil menyala terus menerus adalah karena switch rem yang rusak. Fungsi switch rem sendiri adalah untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik dari baterai yang menyuplai lampu rem.

    Saat pedal rem diinjak, tuas switch akan terdorong keluar oleh komponen pegas dan memerintahkan arus listrik untuk menyalakan lampu rem. Nah, saat pedal dilepas oleh pengemudi, listrik akan padam dan lampu rem akan mati dengan sendirinya.

    Namun, ketika kinerja pegas melemah untuk menekan pegangan switch, lampu rem dapat terus menyala. Jika hal ini terjadi, maka cara satu-satunya adalah mengganti switch dengan yang baru.

            3. Karet Penahan Rem Lepas

    Pada mobil yang memiliki penghenti karet pada switch rem, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab lampu rem mobil menyala terus. Penyebab utamanya adalah karena karet penahan switch rem lepas dan jatuh, sehingga switch rem tetap tersambung dan menyala meski pedal rem sudah dilepas.

            4. Terjadi Masalah di Dudukan Rem

    Salah satu penyebab yang paling umum mengapa lampu rem mobil menyala terus adalah karena dudukan rem mengalami masalah. Biasanya, hal yang paling sering terjadi adalah karena dudukan switch rem sudah keluar jalur.

    Cara mengatasi hal ini adalah dengan menyetel ulang kedudukan switch rem pada mobil. Pertama, kalian perlu mengendorkan baut pengunci switch rem yang terpasang pada mobil Anda.

    Selanjutnya, putar switch rem ke arah luar sehingga switch rem mendekati pedal rem. Lakukan dengan hati-hati agar lebih mudah untuk memasangnya kembali seperti semula.