Berita

    Penting! Kenali Gejala Aki Drop

    Salah satu komponen mobil yang sangat penting yaitu aki yang berperan penting untuk menghidupkan mesin mobil. namun, salah satu kendala yang bisa terjadi adalah terjadinya aki drop atau melemah.

    Aki memiliki fungsi untuk menyimpan dan mengalirkan tenaga listrik untuk menjalankan fungsi mobil. Apabila telah melemah, maka berbagai komponen mobil akan terkena dampaknya, misalnya menjadi sulit ketika akan menyalakan mesin.

    Gejala Aki Drop

    Aki yang melemah dapat berdampak pada berbagai komponen, bahkan bisa membuat mesin mobil tidak menyala sama sekali. Terdapat berbagai gejala aki mobil telah melemah, berikut adalah beberapa gejala yang sebaiknya Anda ketahui.

    • Mesin Susah Menyala

    Gejala pertama yaitu ketika mesin mobil Anda menjadi susah untuk dinyalakan. Bisa jadi, Anda harus starter mesin hingga dua atau tiga kali, barulah mesin bisa menyala.

    Jika aki mulai melemah, maka tidak akan bisa mengalirkan daya atau energi listrik dengan maksimal

    Gejala ini mungkin saja disepelekan oleh banyak orang, karena menganggap bahwa mesin mobil masih tetap bisa menyala meski harus dua atau tiga kali starter.

    Namun, sebaiknya Anda tetap mewaspadai hal ini dan melakukan berbagai pengecekan dan penggantian aki jika diperlukan.

    • Cahaya Lampu Mulai Melemah

    Selanjutnya, ada gejala berupa cahaya lampu mobil yang mulai melemah. Pada tahap tertentu, melemahnya cahaya lampu bisa berbahaya bagi Anda ketika berkendara.

    Karena sangat berkaitan dengan aspek keselamatan berkendara, maka hal ini tentunya tidak boleh Anda abaikan. Jika lampu mobil mulai melemah, maka segera cari penyebabnya, bisa jadi karen aki mobil mulai drop.

    • Suara Klakson Melemah

    Gejala ketiga yang sering muncul yaitu lemahnya suara klakson mobil. Gejala ini juga perlu diwaspadai, karena bisa jadi merupakan tanda bahwa aki telah melemah dan perlu diganti.

    Penyebab Aki Drop

    Berikut adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab melemahnya aki mobil Anda. Hal ini penting untuk diketahui supaya bisa menjaga komponen aki dengan maksimal.

    Sumber: istockphoto
    • Mobil Sudah Lama Tidak Dipakai

    Melemahnya aki bisa jadi karena mobil Anda sudah terlalu lama tidak dipakai dan mesinnya tidak pernah dihidupkan. Meski mesin mobil mati, aki tetap mengalirkan tenaga ke berbagai komponen mobil, sehingga bisa habis jika dibiarkan.

    • Pemakaian Terlalu Intensif atau Berlebihan