Berita

    AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya Disini!

    Saat menyalakan AC atau pendingin udara di mobil, pernahkah Anda mendengar suara berisik atau bunyi aneh seperti mendesis, mendengung, atau jenis bunyi lainnya? Jika iya, ada beberapa hal yang dapat membuat AC mobil bunyi.

    Sebaiknya, cari tahu apa saja faktor penyebab tersebut, agar Anda bisa mengidentifikasi cara yang tepat untuk mengatasinya. Sebab, AC yang mengeluarkan bunyi tertentu dapat mengganggu konsentrasi berkendara, dan bisa mengindikasikan masalah pada sistem AC.

    Kemungkinan Penyebab AC Mobil Bunyi dan Cara Mengatasi

    Pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan AC mobil berbunyi aneh. Sebagai referensi, berikut ini kemungkinan faktor penyebab yang perlu Anda ketahui.

    • Terjadi Gesekan dalam Mesin AC

    Gesekan antara komponen-komponen dalam mesin AC dapat menyebabkan bunyi yang tidak normal. Misalnya, bantalan yang aus atau komponen yang longgar dapat menyebabkan suara berdecit atau berderak saat AC beroperasi.

    Karena itu, penting untuk memeriksa dan merawat mesin AC secara berkala untuk memastikan tidak ada komponen yang longgar atau aus.

    • Komponen AC Tidak Terpasang dengan Presisi

    Salah satu penyebab yang paling umum adalah pemasangan komponen AC yang kurang presisi, sehingga terdapat bagian yang saling berbenturan dan menimbulkan getaran.

    Untuk mengatasinya, penting untuk memasang komponen AC dengan baik dan benar sesuai panduan atau manual dari pabrikan mobil Anda.

    • Terdapat Kebocoran di Saluran AC

    Kebocoran pada saluran AC merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan berkurangnya tekanan pada sistem AC. Akibatnya, kompresor harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan suhu dingin yang diinginkan.

    Saat kompresor bekerja lebih keras, hal ini dapat menghasilkan bunyi yang tidak wajar. Karena itu, penting untuk segera memperbaikinya di teknisi berpengalaman.

    • Terdapat Benda Asing di dalam AC
    Pixabay

    Ketika benda asing seperti serpihan debu atau kotoran lainnya masuk ke dalam sistem AC, ini dapat mengganggu kinerja komponen-komponen di dalamnya. Sebab benda asing tersebut dapat saling bergesekan atau menghalangi aliran udara dari AC.

    Solusinya, lakukan pemeriksaan dan pembersihan sistem pendingin secara berkala sebagai langkah pencegahan.

    • Kemampuan Kompresi Hilang atau Melemah