Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi Cruise Control Dalam Mobil Hingga Cara Menggunakannya

    Semua mobil keluaran terbaru dilengkapi dengan fitur canggih yang menunjang kenyamanan berkendara. Salah satunya adalah fitur cruise control mobil. Fitur berteknologi mutakhir ini membuat Anda lebih mudah dan lebih aman saat mengendarai mobil.

    Untuk lebih memahami apa itu fitur cruise control, simak informasinya di bawah ini.

    Pengertian Fitur Cruise Control Mobil

    Cruise control merupakan fitur canggih mutakhir yang melengkapi mobil rilisan terbaru. Fungsi dari fitur ini adalah mengontrol supaya mobil melaju secara konsisten pada kecepatan tertentu yang membuat pengendaranya tidak perlu menginjak pedal akselerator.

    Fitur ini membantu pengendara khususnya saat ia melakukan perjalanan yang jauh agar kaki pengendara tidak terasa lelah menginjak pedal terlalu lama.

    pada mobil yang menggunakan transmisi manual, fitur cruise control sering disebut dengan active cruise control, distronic plus, speed control, dan intelligent cruise control.

    Fungsi Cruise Control Mobil

    Fungsi paling utama dari fitur cruise control adalah mengatur mobil melaju di kecepatan yang pas tanpa perlu menginjak pedal gas langsung. Namun, meskipun terdengar sangat mudah, ada ukuran maksimal dan minimal kecepatan dalam fitur ini.

    Batas kecepatan maksimal untuk cruise control adalah 60/km per jam. Sedangkan batas kecepatan minimalnya ada di kecepatan 40 km per jam.

    Selain fungsi di atas, masih ada fungsi cruise control lain yang tidak kalah bermanfaat, yaitu dapat mendeteksi jarak mobil yang ada di depan saat mobil sedang melaju kencang.

    Menariknya, fitur ini mampu menjalankan perintah pengereman otomatis berkat adanya artificial intelligence yang melengkapi. Fungsi ini bisa Anda temukan pada mobil yang sudah menggunakan adaptive cruise control.

    Beberapa Cara Kerja Cruise Control

    Cruise control bekerja dengan cara menghubungkan fitur tersebut dengan beberapa akselerator melalui kabel. Tujuan dari terhubungnya fitur ini adalah menjaga pedal gas agar tetap berada pada posisi tertentu sehingga mobil dapat melaju dengan kecepatan tertentu sesuai pengaturannya. 

    Kemudian, sistem elektronik pada mobil yang memiliki fitur cruise control akan mengatur kecepatan menggunakan kontrol throttle dan beragam sensor supaya dapat dioperasikan melalui sistem nirkabel.

    Cara Menggunakan Fitur Cruise Control

    Cruise control adalah fitur yang amat berguna bagi pengendara. Hal ini karena pengendara sangat dimudahkan saat mengendarai mobil. Sejatinya, cara menggunakan fitur ini tidak sulit berkat adanya tombol-tombol tertentu yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Cara menggunakan fitur ini adalah:

    • Tombol ON dan OFF