Berita

    Wajib Tahu! Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya

    Supaya mobil bisa bergerak dan dikendarai dengan baik, maka dibutuhkan berbagai komponen mesin di dalamnya. Terdapat berbagai bagian mesin mobil yang memiliki fungsinya masing-masing.

    Dengan mesin yang menjalankan berbagai fungsi tersebut, maka mobil bisa melaju sesuai kebutuhan dari pengemudi. Berbagai bagian mesin ini juga sebaiknya Anda ketahui, termasuk fungsi-fungsinya.

    Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya

    Terdapat berbagai bagian mesin untuk mendukung kinerja mobil, berikut merupakan penjelasan setiap bagiannya.

    • Sistem Bahan Bakar

    Pertama, ada sistem bakar yang fungsi utamanya yaitu untuk menyalurkan bahan bakar. Selain itu, juga memberikan campuran udara sehingga mesin bisa berfungsi dengan baik.

    Diperlukan komposisi bahan bakar yang tepat untuk nantinya masuk ke ruang bakar. Berbagai komponen diperlukan dalam sistem bakar ini.

    Komponen tersebut yaitu saringan bahan bakar atau fuel filter, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, serta karburator.

    • Sistem Pendinginan

    Bagian kedua yaitu sistem pendingin dengan fungsi untuk menjaga dan mengatur suhu di dalam mesin. Ketika mesin sedang bekerja, maka ada banyak energi panas yang dihasilkan sehingga sistem pengontrol suhu sangat diperlukan.

    Dengan suhu yang stabil, maka masing-masing komponen mesin bisa menjalankan fungsinya dengan optimal dan tetap aman.

    Sistem pendingin terdiri dari berbagai komponen seperti thermostat, radiator, tutup radiator, tangki cadangan, cooling fan, water jacket, sabuk penggerak atau v-belt, water temperature sensor, serta lower hose dan upper hose.

    • Sistem Pelumasan
    Istockphoto.com

    Selanjutnya, ada sistem pelumasan yang tentunya memiliki fungsi untuk menjadi pelumas atau melumasi berbagai komponen mesin yang bergerak.

    Selain itu, sistem pelumas ini memiliki berbagai fungsi lainnya untuk mendukung supaya mesin bisa berfungsi dengan aman. Berikut merupakan fungsi lain dari sistem pelumasan:

    • Mengurangi banyaknya gesekan yang terjadi pada berbagai komponen mesin mobil.
    • Menjaga supaya komponen mesin menjadi tidak mudah aus.
    • Mendinginkan mesin atau mengurangi panas pada berbagai komponen mesin.
    • Membuang berbagai kotoran yang merupakan sisa dari gesekan pada mesin.