Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Boros Bensin

    Apabila Anda merasa terlalu sering mengisi bensin atau pedal gas terasa keras saat diinjak, itu bisa jadi tanda mobil boros bensin. Sebenarnya frekuensi pengisian bahan bakar akan sebanding dengan intensitas pemakaian mobil yang juga sering. 

    Namun jika Anda merasa konsumsi BBM jadi boros, padahal jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Atau misalnya Anda harus selalu mengisi BBM setiap kali pergi, sebaiknya segera periksa kondisi mobil Anda

    Bila terus dibiarkan, pengeluaran Anda akan kian membengkak akibat penggunaan bahan bakar yang tidak efisien.  

    Penyebab Mobil Boros Bensin

    Sebenarnya Anda bisa mengenali ciri-ciri mobil yang boros bensin. Yaitu dengan mencari tahu apa saja penyebab mobil jadi terlalu banyak menggunakan bahan bakar. 

    Dengan begitu Anda bisa mengenali faktor penyebab mana yang membuat mobil Anda jadi boros BBM. Berikut ini 7 penyebab mobil jadi boros bensin: 

    • Ban Mobil Mengalami Masalah

    Setiap mobil memiliki standar ukuran ban tersendiri. Ketika Anda mengganti ban atau memodifikasinya dengan ukuran yang tidak sesuai akan membuat gaya gesek ban dengan aspal bertambah. Mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras, yang akhirnya banyak bensin yang terpakai. 

    Selain ukuran ban yang tidak sesuai standar, kondisi ban kempes atau gundul juga bisa merugikan Anda. Ban yang kurang angin akan menambah bobot, menghambat mobil untuk melaju lebih cepat dan membuat mesin menggunakan lebih banyak bahan bakar. Sedangkan ban gundul membuat gesekan ban dengan aspal bertambah. 

    • Memilih Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

    Masyarakat cenderung memilih bahan bakar yang lebih murah, imbas dari naiknya harga BBM. Namun yang tidak disadari adalah penggunaan BBM yang tidak sesuai akan membuat pemakaian bahan bakar jadi lebih boros. 

    Misalnya standar bawaan pabrik merekomendasikan bahan bakar dengan oktan 90. Namun karena tidak pernah memastikan  sebelumnya, Anda menggunakan bahan bakar yang lebih terjangkau, dengan oktan di bawah 90. 

    Hal ini membuat sistem pembakaran dalam mesin mobil tidak bekerja dengan sempurna. Akhirnya konsumsi BBM jadi lebih banyak dari seharusnya. 

    • Terlambat Service

    Penyebab pasti dari mobil boros bensin adalah pemilik kendaraan tidak melakukan service secara berkala. Mengakibatkan kinerja mesin mobil jadi tidak optimal.