Berita

    Ketahui Manfaat Servis Pertama Mobil Baru dan Komponen yang Diperiksa

    Servis pertama mobil baru biasanya dilakukan setelah kendaraan Anda pertama kali mencapai jarak 1.000 km. Baru setelah itu servis rutin dilakukan sesudah mobil Anda menempuh jarak kelipatan 10.000 km atau per 6 bulan.

    Servis pertama untuk mobil baru memang lebih cepat. Alasannya agar setiap komponen mobil dapat diperiksa. Jika nantinya ditemukan kerusakan, maka akan dapat ditangani dengan lebih cepat. 

    Manfaat Servis Pertama Mobil Baru

    Selain mengecek kondisi komponen-komponen mobil masih tetap berfungsi dengan optimal, servis pertama juga memiliki banyak manfaat lainnya. Di antaranya yaitu:

    • Mengecek Kondisi Mesin

    Pada saat servis pertama, mesin mobil akan dicek secara menyeluruh. Untuk memastikan bahwa setiap bagiannya dapat berfungsi dengan baik.

    Biasanya saat servis pertama, tidak ada komponen yang perlu diganti. Namun, dalam kondisi tertentu bisa saja dilakukan penggantian suku cadang yang baru. Dengan begitu, masalah pada mobil bisa dideteksi lebih dini. 

    • Menjaga Konsumsi BBM Tetap Irit

    Servis pertama dan servis selanjutnya secara berkala digunakan untuk memastikan sistem pembakaran dalam ruang mesin mobil dapat berjalan dengan baik. Itulah mengapa mobil yang rutin melakukan servis lebih irit dalam konsumsi BBM. 

    Sedangkan mobil yang jarang servis, penggunaan bahan bakarnya cenderung boros. Penyebabnya adalah masalah pada komponen-komponen mesin yang berkiatan dengan proses pembakaran. 

    Misalnya seperti filter, busi, oli mesin, dan lain sebagainya. Jika jarang dibersihkan karena tidak melakukan servis, maka mesin akan bekerja lebih keras. Hal inilah yang membuat konsumsi BBM cenderung lebih banyak.

    • Pemberian Garansi

    Servis rutin juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan untuk memberikan garansi. Servis rutin secara berkala di bengkel resmi menjadi syarat utama untuk menjaga garansi mobil. 

    • Menjaga Harga Jual Mobil 

    Servis mobil secara rutin akan membuat harga jual mobil terjaga tetap tinggi di pasaran. Karena mobilnya selalu terawat dengan baik. Bahkan, dapat meningkatkan harga jualnya di pasaran mobil bekas. 

    Sebaliknya, jika mobil tidak pernah dirawat dan dibersihkan, kondisi mobil semakin berkurang. Membuat harga jual mobil anjlok turun. Hal tersebut tentu akan sangat merugikan Anda. 

    Itu dia manfaat servis pertama mobil baru dan servis secara berkala. Dengan datang pertama kali melakukan servis di bengkel resmi, Anda akan terdorong untuk terus melakukannya secara rutin.