Berita

    Tidak Berdiri Sendiri, Ini 6 Komponen Mesin yang Harus Diketahui Pemilik Mobil

    Mesin merupakan komponen terpenting karena merupakan jantung pacu pada mobil. Mobil tidak bisa bergerak tanpa mesin. Ia terbentuk dari berbagai komponen pendukung yang bersinergi secara mekanis untuk menggerakan mobil. Sebagai part terbesar pada mobil, mesin memiliki berbagai komponen penunjang, yang perlu diketahui oleh para pengguna mobil, sehingga bisa mendeteksi adanya malfungsi ketika salah satunya bermasalah. Mesin memiliki kurang lebih enam komponen vital yang saling bersinggungan satu sama lain untuk menghasilkan energi gerak untuk menggerakan mobil. Berikut detailnya.

     

    1. Blok Silinder

    Dalam mesin ada blok silinder yang menjadi pusat pergerakan mesin, Ia menopang part-part utama lainnya seperti piston, kepala silinder, oil pan dan poros engkol. Bentuk dari lubang silinder akan menyesuaikan bentuk piston. Blok silinder merupakan tempat atau dudukan untuk naik turunnya piston. Dalam mekanisme kerjanya piston akan naik turun di dalam lubang silinder tersebut. Agar piston bekerja optimal, maka lubang silinder harus selalu halus dan licin.

    2. Silinder

    Silinder berperan penting sebagai komponen yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Silinder juga menjadi bagian utama tempat piston bekerja Dalam mesin, bisanya ada pemakaian beberapa silinder yang tersusun sejajar dalam satu garis di dalam blok mesin. Jika ingin mesin kendaraan Anda memiliki tenaga maksimal, pastikan tidak terjadi kebocoran gas yang terdapat di antara silinder dan piston.

    3. Kepala Silinder (Carter)

    Kepala silinder posisinya berada di bagian atas menonjol di permukaan mesin. Carter memiliki beberapa fungsi mulai dari ruang pembakaran, lokasi mekanisme katup, saluran intake dan exhaust, sirkulasi oli, water jacket, sampai tempat pemasangan busi. Fungsi kepala silinder diantaranya sebagai ruang pembakaran, lokasi mekanisme katup, saluran intake dan exhaust, sirkulasi oli, water jacket, sampai tempat pemasangan busi. Komponen ini terbuat dari campuran baja dan alumunium, yang tahan terhadap panas.

    Kepala silinder juga adalah penampung oli untuk melumasi komponen mesin lainnya agar bekerja dengan maksimal. Ada tiga bentuk kepala silinder yaitu wedge yang berbentuk segitiga siku-siku, pentroof seperti segitiga sama kaki, dan hemispheric berbentuk parabola. 

    4. Piston

    Piston berperan mengubah energi panas menjadi mekanis dari pergerakan naik dan turun secara berulang dengan cepat untuk menghidupkan mobil. Ia juga bekerja untuk menghisap udara masuk ke dalam silinder, menciptakan kompresi, dan mendorong gas sisa pembakaran keluar. Dalam pergerakannya piston memiliki Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB). Ia bergerak dari posisi paling bawah hingga paling atas untuk menghasilkan energi (stroke)