Berita

    Penyebab Knalpot Mobil Berisik dan Suaranya Berubah

    Suara knalpot mobil yang berubah menjadi lebih berisik biasanya disebabkan karena adanya masalah pada komponen tersebut. Apabila mobil Anda mengalami masalah knalpot berisik ini, ada baiknya perlu segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

    Pada artikel ini akan dibahas mengenai penyebab hingga tips-tips yang bisa dilakukan guna mengatasi masalah knalpot mobil yang berubah menjadi berisik. Penjelasan lengkapnya mengenai topik-topik tersebut akan dibahas lebih lanjut pada poin-poin di bawah ini.

    Penyebab Knalpot Berisik dan Berubah Suara

    Knalpot standar yang berubah menjadi berisik tentunya akan sangat mengganggu. Untuk bisa mengatasinya, Anda perlu ketahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang mungkin menyebabkan knalpot mobil Anda bisa berubah suara menjadi berisik.

    Dengan mengetahui hal yang menyebabkannya, maka Anda bisa mencegah atau meminimalisir risiko knalpot berubah suara menjadi berisik lagi. Penyebab knalpot mobil berubah suara menjadi berisik antara lain, yaitu sebagai berikut:

    • Adanya Kebocoran pada Exhaust Manifold

    Salah satu hal yang menyebabkan knalpot mengalami perubahan suara dan menjadi berisik, yaitu karena adanya kebocoran pada exhaust manifold.

    Apabila hal ini terjadi, Anda bisa mendeteksi kebocoran dari terdapatnya bintik hitam pada bagian permukaan manifold. Kemudian Anda juga akan mendengar suara keras seperti gemuruh begitu mesin mulai dinyalakan.

    • Adanya Kebocoran pada Sambungan Pipa

    Kebocoran pada knalpot tidak hanya bisa terjadi pada satu tempat saja. Selain pada Exhaust Manifold, kebocoran pada knalpot juga bisa terjadi pada sambungan pipanya.

    Jika hal ini terjadi, biasanya akan ditandai dengan terdapatnya bubuk residu hitam di bagian sambungan pipa. Kebocoran pada sambungan pipa akan membuat suara knalpot jadi lebih keras dan berisik.

    • Adanya Kerusakan pada Sensor Oksigen

    Hal lain yang juga bisa menyebabkan knalpot berubah menjadi berisik, yaitu karena adanya kerusakan pada sensor oksigen.

    Kerusakan pada komponen mobil ini akan ditandai dengan menyalanya lampu pada “check engine”. Apabila hal ini terjadi, Anda perlu segera memeriksanya.

    • Adanya Penyumbatan dan Kebocoran pada Pipa

    Pipa knalpot bisa mengalami kebocoran, seperti misalnya akibat terkena benturan. Tidak hanya kebocoran, pipa knalpot mobil juga bisa saja mengalami penyumbatan.