Berita

    Penting! Cara Menjaga Kualitas AC Mobil

    AC mobil adalah salah satu komponen penting dalam mobil, fungsinya untuk menjaga suhu dan sirkulasi udara dalam kabin mobil. Fungsi tersebut sangat berkaitan dengan aspek kenyamanan berkendara.

    Oleh karena itu, kondisi serta kualitas dari AC perlu Anda jaga dengan baik, sehingga performanya tetap optimal. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas AC pada mobil Anda.

    Tips dan Cara Menjaga AC Mobil

    Inilah berbagai tips dan cara yang bisa Anda terapkan untuk AC pada mobil Anda. Lakukan pemakaian dan perawatan yang tepat, sehingga fungsi AC juga dapat dirasakan dengan optimal.

    • Pakai AC dengan Cara yang Benar

    Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan AC, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap performanya.

    Perlu diperhatikan, Anda tidak boleh menyalakan AC secara langsung ketika suhu kabin masih panas. Biasanya, hal ini terjadi ketika mobil terparkir di luar ruangan dalam jangka waktu yang cukup lama.

    Jika Anda melakukan hal tersebut, maka AC akan terlalu bekerja keras supaya bisa mendinginkan kabin mobil. Ini tidak baik untuk mesin AC mobil Anda.

    Sebaiknya, Anda membuka dulu semua jendela mobil jika suhunya terlalu panas. Jika udara sudah terganti dengan yang baru dan suhunya sudah tidak terlalu panas, maka Anda boleh menyalakan AC.

    • Pastikan Anda Menjaga Kebersihan Kabin

    Cara kedua yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan kabin mobil. Ini menjadi penting karena berbagai kotoran dan debu dalam kabin bisa saja masuk ke filter AC. Jika sudah begitu, kinerja filter dapat terganggu.

    Filter AC yang tersumbat akan membuat kinerja AC berkurang. Dampaknya, AC akan sulit untuk mendinginkan kabin mobil.

    iStock - Thammasak Chuenchom
    • Bersihkan Kondensor AC secara Rutin

    Salah satu komponen dalam AC adalah kondensor yang memiliki fungsi sebagai pengubah gas freon menjadi cairan.

    Kebersihan kondensor perlu Anda perhatikan, sebab debu dan kotoran yang menempel bisa menyebabkan AC bocor atau terkena korosi.

    • Tutup Jendela Ketika AC Menyala

    Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu tutuplah jendela ketika sedang menyalakan AC. Desain dari AC mobil bukan untuk digunakan di ruangan yang besar, melainkan hanya untuk bagian dalam mobil.