Berita

    Ketahui Fungsi Lampu Rem Mobil

    Rem mobil merupakan elemen keselamatan mobil yang paling penting. Tentunya Anda pasti merasa tidak nyaman jika lampu peringatan rem terus berkedip di dasbor Anda. Tetapi, mengapa lampu rem ini sangat mengkhawatirkan? Bagaimana jika tiba-tiba terjadi masalah, haruskah Anda berhenti di pinggir jalan dan meminta bantuan? Apa sebenarnya fungsi lampu rem mobil?

    Mengenal Lampu Rem 

    Lampu rem adalah lampu paling sederhana (dan tertua) di dasbor Anda dan biasanya disebutkan saat seseorang menyebutkan lampu peringatan sistem rem. Ketika lampu ini menyala, salah satu dari dua hal akan terjadi. Entah rem parkir diaktifkan atau cairan hidrolik (minyak rem) di master silinder rendah.

    Rem pada mobil Anda terdiri dari sistem tabung berisi oli hidrolik yang disebut saluran rem. Master silinder adalah pompa yang terletak di salah satu ujung jaringan. Silinder master diaktifkan dan cairan di saluran rem diberi tekanan saat Anda menekan pedal rem. Kaliper rem terletak di ujung yang berlawanan dari jaringan garis (di setiap sudut mobil Anda). Kaliper rem adalah perangkat penjepit hidrolik yang menggerakkan bantalan rem melawan rotor rem yang berputar, memperlambat dan menghentikan mobil Anda dalam prosesnya.

    Level cairan akan berkurang jika sistem mengalami kebocoran. Fungsi lampu rem mobil mungkin tidak berfungsi karena kebocoran. Itu tidak baik. Oleh karena itu, sensor yang mengaktifkan lampu rem saat level turun ditempatkan ke dalam master silinder.

    Lampu rem yang sama pada banyak kendaraan, terutama jenis lebih tua, juga memperingatkan pengemudi tentang rem darurat/parkir yang diterapkan. Dengan cara ini, rem tangan tidak akan digunakan saat mengoperasikan mobil (situasi yang berpotensi merusak atau bahkan berbahaya).

    Mengidentifikasi Fungsi Lampu Rem pada Mobil

    Panel instrumen mobil Anda memiliki beragam ikon. Tetapi mungkin agak sulit untuk mengetahui ikon mana yang termasuk dalam sistem mana. Ada lebih dari satu kemungkinan simbol yang menunjukkan masalah dengan sistem rem Anda, yang menambah kebingungan. Berikut adalah beberapa contoh ikon terkait rem yang dapat Anda lihat:

            1. Lampu Rem Sistem Hidraulik

    Rem lampu ini menunjukkan masalah dengan sistem pengereman hidraulik. Bisa jadi karena minyak rem Anda rendah jika toggle hanya muncul sesekali atau seolah-olah terjadi saat berbelok saja. Jika terus terjadi, itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius.