Berita

    Featured Image

    Tetap Tinggi! Ini Cara Menjaga Nilai Jual Mobil Anda

    Bagaimana cara membuat harga jual mobil tetap tinggi? Salah satunya melalui perawatan rutin. Selain itu, diperlukan pemeliharaan kebersihan mobil baik interior maupun eksteriornya. Begitupun mesin dan berbagai komponen penting di dalamnya yang harus dalam kondisi prima.

    Apabila Anda melihat mobil sebagai investasi, maka penting menjaga nilai jual mobil agar tetap tinggi. Itulah mengapa, Anda perlu sabar dan serius dalam melakukan berbagai cara agar nilai jual mobil terjaga.

    6 Cara Membuat Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

    Terapkan cara-cara yang dapat menjaga harga jual mobil Anda tetap tinggi. Berikut adalah daftar dan penjelasannya: 

    • Merawat Mobil di Bengkel Resmi dengan Rutin

    Anda perlu melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel resmi. Ini demi menjaga kondisi mobil selalu optimal setiap saat. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan perbaikan apabila terdapat kerusakan.

    Terutama pada suku cadang (spare part) yang krusial untuk operasional mobil. Itulah mengapa, Anda wajib mengunjungi bengkel resmi agar penggantian komponen mobil terjamin keasliannya. 

    Orisinalitas tersebutlah yang akan menjaga harga jual mobil tetap tinggi. Anda harus menyimpan kuitansi perawatan atau perbaikan mobil agar dapat menjadi bukti ketika menjual mobil.

    • Memelihara Kebersihan Mobil

    Pemeliharaan agar tetap bersih termasuk dalam cara membuat harga jual mobil tetap tinggi. Anda perlu memelihara kebersihan baik itu pada bagian interior, eksterior, ruang mesin, sampai dengan suspensi. 

    Apabila kebersihan mobil terpelihara secara menyeluruh, bukan hanya penampilan serta nilai jual saja yang meningkat. Namun, kenyamanan berkendara bagi pengemudi dan penumpang pun turut bertambah. 

    Perhatikan bagian seperti dashboard dan lantai mobil. Sebab, bagian tersebut rentan kotor sehingga memerlukan pembersihan rutin dengan vacuum cleaner atau lap fiber.

    • Memastikan Kelengkapan Mobil 

    Cara membuat harga jual mobil tetap tinggi selanjutnya adalah dengan memastikan kelengkapan mobil.

    Pertama, Anda harus memastikan mobil memiliki komponen yang lengkap. Komponen penting seperti kunci set, dongkrak, ban serep, dan tow hook harus ada di mobil.

    Kedua, pastikan mobil telah melengkapi berbagai persyaratan dokumen. Misalnya, BPKB, STNK, pembayaran pajak, kuitansi servis, hingga faktur pembelian.

    Kelengkapan dokumen tersebut menjadi bukti bahwa mobil sah milik Anda sehingga meningkatkan nilai jualnya. 

    • Menerapkan Gaya Mengemudi yang Halus

    Mengemudi dengan halus merupakan kebiasaan yang perlu Anda terapkan jika ingin mempertahankan harga jual mobil. Jika Anda mengemudi secara kasar dan agresif, dampaknya pada kualitas komponen mobil yang lebih cepat aus dan rusak.  

    Menerapkan Gaya Mengemudi yang HalusPexels.com

    Lalu, Anda harus menyiapkan biaya perbaikan yang tidak sedikit karena kerusakan tersebut. Jadi, hindari gaya mengemudi yang merugikan itu dan bertanggung jawablah dengan mengemudi secara halus. 

    • Menghindari Modifikasi Mobil

    Tidak semua pengguna mobil menyukai modifikasi. Anda tidak bisa sembarang modifikasi bila ingin harga jual mobil tetap terjaga. Selain demi menjaga estetika alami mobil, kenyamanan mobil juga masih terpelihara.

    Terdapat juga asumsi bahwa modifikasi menjadi cara menutupi kerusakan atau kekurangan mobil. Ini menjadikan mobil modifikasi memiliki harga jual lebih rendah daripada mobil yang belum dimodifikasi.

    • Menjaga Jarak Tempuh Mobil

    Jarak tempuh mobil yang sedikit akan membuat harga jualnya tetap tinggi. Terlepas dari usianya, mobil tersebut akan tetap dihargai lebih mahal dari mobil berjarak tempuh jauh. 

    Hal tersebut mengindikasikan bahwa mobil jarang digunakan, sehingga kualitas mesin masih prima. Anda juga perlu merawat penampilan mobil agar tetap menarik meskipun sudah berusia di atas 5 tahun. 

    Mobil pun tidak hanya menjual dari sisi jarak tempuhnya, namun juga penampilannya. Jadi, daya jual mobil bertambah dan menjadi faktor pendukung harga jual tetap tinggi.