Berita

    Ketahui Solusi Penyebab Setir Mobil Terkunci

    Setir mobil terkunci atau ngelock bisa menimbulkan kepanikan kepada pengemudi mobil. Pasalnya, setir mobil jadi tidak bisa digerakkan. Apakah Anda pernah mengalami kejadian demikian? 

    Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang menyebabkan setir mobil jadi terkunci. Serta, bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak hingga akhir!

    Apa yang Bisa Membuat Setir Mobil Terkunci?

    Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang menyebabkan setir jadi kena lock? Pada umumnya, hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada mekanisme kunci. Bisa juga disebabkan adanya sistem sambungan kabel yang putus atau korsleting di pompa steering

    Pompa steering yang korslet tidak hanya membuat setir jadi terkunci. Kerusakan pada pompa steering juga bisa membuat mesin mobil mati mendadak. Apabila terjadi kesalahan seperti itu, otomatis bisa membuat setir tak bisa dikendalikan. 

    Selain itu, pengemudi yang lupa mengunci mobil juga bisa menyebabkan setir terkunci otomatis. Sistem keamanan yang ada bisa secara otomatis bekerja memberikan keamanan bagi mobil Anda.

    Lock otomatis ini bisa menghindarkan mobil Anda dari kemalingan. Namun sebaiknya Anda tidak pernah lupa untuk melakukan kunci setir. Sebelumnya, pastikan bahwa posisi roda-roda mobil Anda telah lurus. 

    Dapatkan Solusi untuk Kondisi Setir Mobil yang Terkunci di Sini!

    Apa yang bisa Anda lakukan jika mengalami kondisi tersebut? Satu hal yang pasti, Anda tidak perlu panik. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi setir mobil yang nge-lock.

    • Pakai Kunci Cadangan

    Jika ada kerusakan pada kunci mobil, tentu akan kesulitan bagi Anda membuka mekanisme penguncian mobil. Jalan satu-satunya adalah memanfaatkan kunci cadangan yang Anda punya.

    Biasanya setiap mobil dilengkapi dengan kunci cadangan, sebagai pengganti dan alternatif apabila kunci utamanya rusak maupun hilang. Jadi, temukan kunci tersebut dan pakailah untuk membuka setir. 

    Sebaiknya, Anda juga menyimpan kunci cadangan dengan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk memperbaiki mekanisme kunci setir mobil Anda supaya tidak ada masalah yang sama di masa mendatang.

    • Pakai Oli

    Solusi selanjutnya yang bisa Anda kerahkan untuk mengatasi setir mobil terkunci adalah menggunakan pelumas atau oli. Pelumas akan memberikan efek licin pada kunci, sehingga dapat memudahkannya bergerak.