Berita

    Kebiasaan yang Bikin Ruang Kabin Mobil Jadi Kotor

    Menjaga kebersihan interior mobil merupakan suatu keharusan karena apabila Anda jarang membersihkan bisa menyebabkan ruang kabin kotor. Selain itu, juga bisa menyebabkan bau tidak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan saat di perjalanan.

    Selain karena malas membersihkan, ada beberapa kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan dan bisa menyebabkan ruang kabin lebih cepat kotor. 

    Kebiasaan yang Bikin Ruang Kabin Kotor

    Terdapat beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan ruang kabin lebih cepat kotor. Apa saja? Berikut adalah daftarnya:

    • Merokok di Mobil

    Merokok di dalam mobil tidak hanya menyebabkan ruang kabin menjadi bau apek, namun juga bisa menyebabkan ruang kabin menjadi kotor dan kusam. 

    Asap rokok di dalam mobil dalam waktu lama bisa menyebabkan plafon menguning dan dashboard menghitam. 

    Oleh karena itu, sebaiknya hindari merokok di dalam mobil baik ketika mesin mobil menyala atau mati. Selain itu, Anda juga tetap tidak disarankan merokok ketika jendela mobil terbuka karena bisa melukai orang lain di luar mobil. 

    • Makan dan Minum di Mobil

    Noda minuman tumpah atau remahan makanan yang jatuh di karpet ataupun jok mobil harus segera dibersihkan karena apabila dibiarkan dalam waktu lama akan sulit dibersihkan dan menyebabkan ruang kabin kotor.

    Termasuk pula sampah-sampah bungkus makanan dan minuman harus dikeluarkan dari mobil karena apabila dibiarkan berserakan bisa menarik perhatian tikus untuk masuk ke dalam mobil Anda.

    makan di mobil

    Anda bisa membersihkan remahan makanan di jok atau karpet dengan menggunakan vacum cleaner.

    Tidak masalah jika Anda ingin makan atau minum di dalam mobil, namun usahakan untuk selalu membersihkannya setelah selesai makan. 

    Letakkan tempat sampah di dalam mobil untuk mencegah sampah makanan dan minuman berserakan dan mengotori mobil.

    • Melewati Tempat Berdebu

    Apabila Anda sering melewati area yang berasap atau berdebu seperti area pabrik atau proyek konstruksi bangunan maka ruang kabin juga bisa ikut berdebu dan kotor. 

    Sekilas mungkin debu tidak akan terlihat namun semakin lama debu akan menumpuk dan kabin mobil akan terlihat kusam. 

    Untuk mencegah kabin kotor dan bau tidak sedap maka Anda perlu rutin mengganti filter kabin secara rutin paling tidak setiap setahun sekali. 

    Filter AC yang kotor tidak hanya menyebabkan suhu AC tidak dingin namun juga menyebabkan kotoran kembali ke kabin.

    • Membawa Hewan di Mobil

    Sering membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa menyebabkan ruang kabin kotor. Hal tersebut disebabkan karena saat berada di dalam mobil, bulu atau kotoran hewan bisa saja mengotori kabin.

    Jika Anda tetap ingin membawa hewan di dalam mobil, maka jangan lupa untuk rutin membersihkan bulu yang menempel pada karpet atau jok. 

    • Atap Mobil Bocor

    Plafon mobil yang kotor dan kusam bisa disebabkan karena atap mobil Anda yang bocor atau lembap. Atap mobil yang lembap akan mendorong pertumbuhan jamur sehingga menyebabkan tampilan yang kurang baik pada plafon mobil.

    Apabila atap mobil Anda bermasalah, maka Anda perlu mengecek dan memperbaikinya segera sehingga tidak menyebabkan pertumbuhan jamur.

    • Jarang Membersihkan Kabin Mobil

    Kabin kotor juga bisa terjadi karena Anda jarang membersihkan dan mencuci interior mobil secara keseluruhan. Supaya interior maupun eksterior mobil Anda terlihat bersih, maka jangan lupa untuk rutin membersihkan dan mencuci interior.