Berita

    Batas Ideal Kecepatan Mobil pada Saat Hujan

    Ketika hujan turun, seluruh pengguna jalan diharapkan lebih berhati-hati agar keselamatan berlalu lintas bisa tetap terjaga. Dalam situasi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapai keselamatan bersama yaitu dengan mengatur kecepatan berkendara saat hujan.

    Selain itu, terdapat juga faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika berkendara saat hujan. Penjelasan mengenai faktor penting tersebut akan dibahas pada poin berikut.

    Faktor yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkendara Saat Hujan

    Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi kapan saja dan tidak mengenal waktu. Namun ketika cuaca sedang hujan, risiko terjadinya kecelakaan semakin meningkat seperti misalnya disebabkan oleh jalanan yang licin maupun jarak pandang yang terbatas.

    Untuk itu, pada poin ini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang bisa Anda perhatikan ketika berkendara saat hujan.

    • Lampu Kendaraan

    Saat hujan, situasi di sekeliling menjadi gelap dikarenakan awan yang mendung. Oleh karena itu, Anda membutuhkan lampu kendaraan agar jarak pandang yang terbatas akibat derasnya rintik hujan, cuaca gelap, hingga kabut itu dapat sedikit teratasi.

    • Tekanan Udara Ban

    Selain lampu kendaraan, faktor yang juga perlu diperhatikan agar bisa selamat berkendara saat hujan yaitu tekanan udara pada ban. Ketika hujan, jalanan seringkali berubah menjadi licin yang bisa menyebabkan kendaraan tergelincir.

    Untuk meminimalisir risiko tersebut, Anda bisa memeriksa kondisi tekanan udara pada ban. Pastikan tekanan udara ban kendaraan Anda pas dan sesuai. 

    Demi keselamatan, jangan melakukan perjalanan ketika kondisi tekanan ban terlalu kencang maupun terlalu kempes.

    • Kecepatan Berkendara 

    Tentunya yang sangat penting untuk dilakukan guna menjaga keselamatan berkendara saat hujan yaitu perihal kecepatan dalam berkendara. 

    Oleh karena jalanan yang licin akibat air hujan, Anda perlu mengurangi kecepatan berkendara saat hujan untuk menghindari kendaraan yang Anda kendarai tergelincir.

    Mengendarai kendaraan dengan kecepatan rendah saat hujan dapat membuat ban kendaraan yang bersentuhan dengan aspal memiliki daya cengkram yang lebih kuat dibandingkan dengan berkendara dengan kecepatan tinggi.

    • Jarak Aman

    Selain fokus pada batas ideal kecepatan berkendara saat hujan, Anda juga wajib untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.