Berita

    Ketahui Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Solusinya

    Sering punya masalah dengan blower AC mobil yang tiba-tiba mati? Cek apa saja penyebab-penyebabnya di sini. Selain itu, kami juga akan membahas bagaimana cara mengatasinya sendiri jika permasalahannya sederhana.

    Penjelasan Tentang Blower AC Mobil dan Fungsinya

    Tidak dapat dipungkiri, bahwa blower AC memiliki fungsi yang sangat penting untuk kenyamanan saat berkendara. Komponen ini membantu ruang kabin tetap segar dan sejuk.

    Blower AC mobil adalah salah satu bagian dari sistem pendingin pada kendaraan. Komponen ini berbentuk motor dinamo yang sudah dilengkapi dengan daun kipas seperti kipas angin. Fungsi utamanya yaitu untuk menghasilkan udara dingin.

    Penyebab Blower AC Mobil Berhenti

    Untuk bisa mengatasi permasalahan blower AC pada mobil, hal pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu apa saja penyebab blower AC mobil mati. Tujuannya agar Anda bisa mengatasinya secara optimal. Berikut apa saja penyebab-penyebabnya.

    1.  Terputusnya Resistor Blower

    Sebagai informasi, resistor merupakan sebuah susunan kelistrikan. Putusnya resistor ini dapat mengakibatkan AC atau blower mati.

    Listrik yang terlalu besar uang melewati resistor juga dapat mengakibatkan putaran blower menjadi kecil. Namun sebaliknya, saat listrik yang melewati resistor ini kecil, maka putaran blower akan lebih cepat.

    Ketika resistor terputus, maka arus listrik pun akan terhenti. Inilah yang menjadi salah satu penyebab blower AC mobil mati.

    2.  Kerusakan Pada Relay Blower

    Komponen relay memiliki fungsi untuk memisahkan pemakaian listrik yang memiliki daya kecil dan besar. Proses pemisahan daya ini mampu mengantisipasi kerusakan saklar oleh arus yang besar.

    Relay yang mengalami kerusakan, maka arus listrik yang menjadi suplai ke motor blower akan terputus. Maka blower pun akan mati secara tiba-tiba.

    3.  Kerusakan Pada Motor Blower

    AC mobil yang tiba-tiba mati bisa saja diakibatkan oleh motor blower yang rusak. Perlu Anda ketahui, blower merupakan kipas elektrik yang digerakkan oleh dinamo. Di sisi lain, dinamo tersebut memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi putar.

    Kerusakan motor blower akan menyebabkan blower tidak berputar. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan bagian ini saat ada kendala pada AC mobil.