Berita

    Featured Image

    Terdengar Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Mobil, Apa Penyebabnya.

    Mungkin Anda pernah mengalami kejadian mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek. Seringkali banyak yang mengira bahwa mobil tidak bisa distarter dan terdengar bunyi tek-tek disebabkan oleh aki padahal hal ini bisa terjadi akibat hal lain.

    Ada banyak penyebab yang bisa membuat mobil sulit di-starter, bukan hanya aki saja. Biasanya hal seperti ini terjadi karena adanya kerusakan pada komponen lain yang tidak disadari. Kemudian baru disadari saat mobil sulit di-starter.

    Perlu diketahui jika terdapat beberapa fitur yang rawan rusak jika tidak mendapat perawatan yang benar dan menyebabkan mobil Anda sulit untuk distarter. Apa saja komponen tersebut? Berikut kami berikan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

    Komponen Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

    Untuk bisa memperbaiki sebuah mobil yang sulit di-starter, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja komponen yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa di-starter bunyi tek-tek. Di bawah ini beberapa komponen tersebut kami jelaskan satu per satu.

            1. Dinamo Starter

    Dinamo berfungsi untuk memutar mesin kendaraan, sehingga jika rusak maka kendaraan akan sulit dinyalakan.

            2. Aki

    Komponen yang satu ini sering sekali mengalami gangguan mendadak. Sehingga saat mobil sulit dinyalakan, pastikan mengecek komponen ini juga.

            3. Aliran Bahan Bakar

    Saat aliran bahan bakar tidak lancar, bahan bakar tidak bisa mengalir seperti biasanya dan membuat mobil sulit dinyalakan.

            4. Busi

    Busi juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil sulit di-starter. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengeceknya secara rutin ke bengkel dan dibantu oleh tenaga profesional.

            5. Koil

    Jika busi, aki, dan dinamo dalam keadaan baik tapi mobil masih belum bisa dinyalakan, cobalah untuk mengecek koil. Bisa jadi koilnya terlalu panas, dan membuat mobil sulit menyala.

    Cara Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Setelah mengetahui beberapa komponen penyebab mobil sulit di-starter, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

            1. Cek Fuel Pump

    Untuk mengeceknya cukup lihat dari Multi Information Display atau MID yang ada di layar mobil. Tunggu beberapa saat hingga muncul hasilnya di check engine spidometer. Dari situ akan terlihat kondisi dari fuel pump.