Berita

    Simak Penyebab Mobil Bergetar Saat Digas

    Terdapat sejumlah penyebab mengapa mobil bergetar saat digas. Memang, kendala ini bisa mendadak muncul, walaupun Anda tidak merasakan adanya kerusakan komponen mobil. Akan tetapi, tidak perlu khawatir! Anda dapat mendeteksi penyebabnya sedini mungkin. 

    Nah, penyebabnya sendiri sudah pasti karena kerusakan komponen mobil. Maka demikian, artikel ini akan membahas hal tersebut. Khusus untuk Anda yang tengah mendapati masalah tersebut, yuk ikuti saja informasi ringkasnya dalam artikel ini!

    Penyebab Mengapa Mobil Bergetar Saat Digas

    Terdapat 5 pemicu mobil bergetar ketika digas. Pastinya, pemicu-pemicu tersebut merupakan komponen yang mengalami kerusakan dan berakibat menimbulkan getaran mobil. Berikut adalah di antaranya:

    • Kerusakan Shockbreaker

    Semua pasti tahu jika komponen satu ini berfungsi untuk meredam getaran saat mobil dijalankan. Namun, sebenarnya shockbreaker tidak cuma sebagai peredam getaran asal ban saja, akan tetapi juga termasuk getaran ketika mobil menyala.

    Tapi, apabila getaran mobil berlangsung dalam durasi yang panjang walaupun mobil telah melaju cepat, maka terdapat indikasi kerusakan di bagian shockbreaker. Demikian, komponen ini perlu pengecekan lebih lanjut.

    • Kerusakan Busi

    Selain shockbreaker, busi yang rusak bisa mudah berdampak negatif untuk kondisi mobil. Apabila salah satu busi rusak, sudah pasti mobil bisa mengalami getaran ketika digas.

    Hal ini disebabkan bahwa busi berperan penting untuk mendukung performa terbaik mobil ketika akselerasi. Oleh karena itu, ketika salah satunya mengalami kerusakan, maka sudah pasti jika masalah bisa muncul.

    • Ban Bermasalah

    Masalah seperti kondisi ban yang telah aus pun dapat menjadi pemicu mobil bergetar saat digas. Eksistensi benjolan pada ban pun dapat memperparah kondisinya. Tidak hanya itu, kendala pada as roda pun bisa menyebabkan getaran mobil.

    • Keausan Karet Penahan Kap Mesin

    Bagian kap mesin wajib tertutup rapat ketika mobil Anda berjalan. Maka demikian, itulah alasan mengapa terdapat karet penahan kap. Ini berguna agar bagian mesin bisa tertutup rapat, serta menahan getarannya. 

    Akan tetapi, kerusakan karet penahan kap bisa memicu kemunculan masalah getaran. Sebab, karet penahan kap tersebut bisa mengalami keadaan aus karena terlampau sering terkena suhu tinggi atau panas.