Berita

    Simak Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

    Mesin merupakan bagian penting pada mobil. Oleh sebab itu, mesin seharusnya tetap dalam kondisi baik agar mobil pun bisa mempunyai performa yang baik pula. Namun sayangnya, beberapa orang mengalami mesin mobil cepat panas. 

    Padahal bila hal ini dibiarkan, maka komponen-komponen pada mesin pun akan cepat rusak. Nah, lantas apa sebenarnya penyebab dari mesin mobil menjadi cepat panas? Simak ulasan berikut ini agar Anda dapat mencegahnya sebelum terjadi.

    Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

    Biasanya penyebab mesin cepat panas bukanlah akibat usia mobil yang sudah tua, namun akibat beberapa kerusakan atau kekeliruan yang seharusnya bisa dihindari. Berikut di antaranya:

    • Oli Berkualitas Buruk

    Saat ini terdapat berbagai jenis oli yang beredar di pasaran. Namun Anda tetap harus bijak dalam memilih oli karena bila oli yang Anda pilih tidak memenuhi standar, maka akan menyebabkan mesin cepat panas.

    Hal ini disebabkan oli berkualitas buruk cepat menguap akibat tak tahan panas. Mesin mobil pun bergesek dengan kuat sehingga menjadi cepat panas. 

    Bila kondisi ini terus berlanjut, maka mesin Anda akan segera rusak bahkan harus turun mesin. Oleh sebab itu, pilihlah oli yang berkualitas meskipun harganya lebih mahal.

    • Radiator Rusak

    Rusaknya radiator menjadi penyebab mesin mudah panas yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh fungsi radiator itu sendiri yakni sebagai penjaga suhu mobil. Bila radiator rusak, otomatis suhu tidak terjaga dan mesin pun akan cepat panas.

    Selain kerusakan pada radiator, bocornya selang air radiator, sirkulasi air tidak lancar, dan penggunaan air yang keliru juga bisa memicu mesin mobil cepat memanas. 

    Oleh sebab itu, ceklah bagian-bagian tersebut dan segeralah membawa mobil ke bengkel bila memang bermasalah.

    • Kipas Pendingin Rusak

    Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya adalah rusaknya kipas pendingin. Kipas pendingin merupakan komponen yang berguna sebagai penyedot udara dingin asal luar. 

    Bila kipas rusak, tentu udara dingin tak bisa tersedot sehingga mesin pun menjadi cepat panas.

    Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas rusak, seperti kerusakan dinamo dan pemasangan kipas yang terbalik sehingga kipas pun malah menyedot udara panas.

    • Thermostat Rusak

    Thermostat pada mobil bekerja secara bersamaan dengan radiator untuk mengukur suhu pada mobil. Dialah yang mengatur keluarnya air dari radiator ke mesin berdasarkan suhu mesin itu sendiri.