Berita

    Simak Cara Mengisi Freon AC Pada Mobil

    AC (air conditioner) mobil jadi salah satu komponen penting untuk kenyamanan saat berkendara. Sehingga apabila AC tidak dingin, bisa membuat penumpang tidak betah. Anda bisa memeriksa freon AC mobil jika ini terjadi.

    Sebab, salah satu alasan pendingin bermasalah adalah habisnya freon. Komponen ini berbentuk cairan dan gas. Gunanya sebagai bahan pendingin yang terkandung pada AC.

    Lalu bagaimana cara mengisinya supaya kabin mobil tetap dingin? Ikuti langkah berikut yuk!

    Begini Langkah-langkah Mengisi Freon AC Mobil di Rumah

    Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengisi freon. Pastikan memperhatikan secara serius, supaya AC mobil tidak rusak.

            1. Mengosongkan AC mobil

    Sebelum melakukan pengisian, pastikan AC mobil sudah kosong tanpa freon. Sebab jika freon masih ada dan Anda menambahkan dengan yang baru, maka bisa menyebabkan kinerja mobil menjadi tidak baik.

    Cara mengukur freon dengan menggunakan manometer gauge. Alat ini berguna untuk mengetahui adanya tekanan pada AC. 

    Setelah itu, Anda bisa menutup katup pada alat tersebut dengan selang. Penutupan disesuaikan dengan hasil tekanan yang didapatkan. Tunggu hingga suara desisan kran sudah menghilang, untuk memastikan freon sudah habis.

            2. Melakukan Vakum Pendingin

    Langkah kedua yang melakukan vakum pada sistem pendingin mobil. Tujuannya masih sama, yaitu untuk memastikan jika sisa freon seperti uap air sudah tak bersisa. Sebab jika masih ada, apabila diisi dengan freon baru, maka bisa bereaksi menghasilkan gumpalan es.

    Cara untuk melakukan vakum yakni dengan pompa dan manifold gauge. Anda perlu menunggu 15 menit untuk membersihkan ini.

    Pertama, buka kran tekanan yang tinggi maupun rendah. Saat kran dibuka, maka udara dan uap air pada sistem pendingin akan keluar. Nah, ketika sudah ada pada titik minus 20 ps, maka kran bisa ditutup kembali.

            3. Sistem AC Diberi Pelumas

    Berikutnya adalah memberikan pelumas pada AC. Langkah ini dilakukan supaya kompresor bisa terlindung dari kerusakan. 

    Caranya yakni dengan menyiapkan pelumas sebanyak 5-10 cc di sebuah gelas. Lalu masukkan selang manifold gauge ke gelas yang berisi pelumas itu. Alat inilah yang berguna untuk menyedot pelumas.

    Baru kemudian tutup kran dan menekan knop pada mesin manifold gauge. Setelah itu, barulah Anda bisa mengisi freon AC mobil.