Berita

    Simak Fungsi Oil Cooler untuk Menjaga Suhu Mesin agar Tetap Dingin

    Pendinginan merupakan salah satu hal penting untuk menyerap panas sehingga mesin tidak mengalami overheating. Pendingin pada mesin sendiri ada beberapa macam diantaranya yaitu ada radiator, pendingin mesin turbo dan salah satunya yaitu dengan oil cooler atau pendingin oli.

    Lalu, apa fungsi dari komponen tersebut? Berikut ulasannya.

    Fungsi Oil Cooler

    Oil cooler adalah komponen pendingin mesin yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menghilangkan panas berlebih pada mesin pembakaran melalui pertukaran panas. Sehingga kembali kental dan dapat melumasi mesin dengan baik. 

    Dengan adanya komponen ini, dapat mencegah mesin mengalami overheating yang dapat merusak mesin. Letak dari mesin ini yaitu berada pada sistem radiator berbasis air. Tujuannya yaitu untuk mendinginkan mesin saat berjalan. 

    Pendingin oli sendiri merupakan tambahan untuk membantu radiator menurunkan suhu mesin yang panas. 

    Oli sendiri selain berfungsi untuk melumasi mesin, juga berfungsi untuk menurunkan suhu mesin dengan cara menyerap panas. 

    Ketika bekerja menyerap panas, tentu suhu oli pun akan meningkat untuk itu oli membutuhkan bantuan pendingin oli untuk menurunkan suhu oli setelah menyerap panas agar dapat kembali melumasi mesin. 

    Cara kerja dari pendingin oli ini yaitu ketika oli pada suhu panas, maka oli akan berubah menjadi encer sehingga kurang efektif untuk melumasi mesin. Oli yang cair tersebut akan masuk ke pendingin oli. Dengan adanya pendingin oli ini, panas yang ada pada oli akan dikembalikan pada udara sehingga oli kembali menjadi kental. 

    Setelah dingin, oli akan kembali ke mesin dan kembali menjalankan tugasnya. Proses ini akan terus berulang ketika mesin menyala. 

    Tidak hanya berfungsi mendinginkan mesin, pendingin oli juga berfungsi untuk meningkatkan massa pakai oli. Komponen pendingin ini sendiri ada dua, yaitu pendinginan air dan pendinginan udara. 

    Untuk pendinginan air mengandalkan air untuk mendinginkan oli, sedangkan pendinginan udara mengandalkan udara untuk menyerap panas. 

    Cara Merawat Oil Cooler

    Ketika komponen pendingin ini rusak, maka oli akan menjadi lebih mudah panas dan boros. Oleh karena itu, penting sekali bagi anda untuk merawat komponen ini dengan baik. Berikut beberapa tips merawat pendingin oli.

            1. Bersihkan Bagian Luar 

    Bagian luar komponen ini perlu dibersihkan untuk mencegah kotoran menempel pada kisi radiator. Adapun cara membersihkannya yaitu dengan memakai sabun dan air seperti ketika mencuci motor. Anda juga bisa membersihkan bagian ini secara rutin setiap kali mencuci motor.