Berita

    Modifikasi Bagian Mobil Ini yang Seharusnya Dihindari

    Apa saja modifikasi mobil yang seharusnya dihindari? Sebenarnya ada beberapa bagian mobil yang tidak boleh diubah, terutama bagian yang dapat mempengaruhi keselamatan pengemudi dan pengendara lain.

    Memodifikasi mobil sebenarnya tidak dilarang asalkan dilakukan sesuai anjuran produsen mobil dan peraturan lalu lintas yang berlaku. Sebelum melakukan modifikasi sebaiknya Anda mengikuti pembahasan berikut! 

    7 Modifikasi Mobil yang Seharusnya Dihindari

    Modifikasi mobil termasuk hobi mahal yang sering dilakukan oleh para pencinta otomotif. Bahkan banyak orang rela mengeluarkan uang melebihi harga mobilnya demi hobi ini. 

    Karena biayanya relatif mahal, jangan sampai salah saat menentukan bagian yang akan dimodifikasi. Agar uang Anda tidak terbuang sia-sia sebaiknya hindari modifikasi mobil berikut ini:

    • Menambah Bagian Elektrikal Secara Berlebihan

    Anda boleh melakukan modifikasi di bagian elektrikal namun tidak boleh melebihi batas yang ditentukan. Contohnya, memasang sistem audio yang melebihi standar sehingga meningkatkan beban alternator mobil.

    • Melepas Bagian Katalis

    Modifikasi mobil yang seharusnya dihindari berikutnya yaitu melepas bagian katalis. Kesalahan ini sering terjadi ketika pemilik mobil melakukan modifikasi pada bagian knalpot. Sebaiknya Anda tidak melepaskannya karena katalis memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai tempat penyaring polusi yang dihasilkan proses pembakaran mesin mobil. 

    modifikasi knalpotPexels.com

    Penggunaan katalis dapat mengurangi kadar emisi dalam jumlah yang signifikan, sehingga keberadaannya sangat penting. Walaupun fungsinya tidak berkaitan dengan keselamatan, melepas katalis dapat membawa dampak buruk pada lingkungan. 

    • Memasang Aksesoris di Bagian Dasbor

    Mengapa tidak boleh menggunakan aksesoris di bagian dasbor? Karena hal tersebut dapat membahayakan pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. 

    Penggunaan aksesoris pada bagian dasbor dapat mengganggu fungsi airbag sebagai pelindung saat terjadi kecelakaan. Selain itu, aksesoris yang terpasang di dasbor juga dapat melukai tubuh ketika airbag mengembang.

    Terlalu banyak memasang aksesoris di dasbor mobil juga dapat mengganggu visibilitas pengendara, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. 

    • Memasang Lampu Rotator 

    Modifikasi mobil yang seharusnya dihindari berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009, yaitu pemasangan lampu rotator (strobo) pada kendaraan pribadi.  

    Larangan penggunaan lampu rotator pada kendaraan pribadi bertujuan untuk mengurangi insiden berbahaya. Penggunaan lampu rotator yang tidak sesuai fungsi juga dapat mengganggu kenyamanan pengendara lain.  

    • Modifikasi Mobil Ceper 

    Tampilan mobil ceper atau lowering dianggap keren bagi sebagian besar pencinta otomotif. Meskipun banyak disukai, ternyata memodifikasi ini tidak diperbolehkan.

    Karena dapat membahayakan pengendara saat melewati polisi tidur dan jalanan tidak rata. Selain itu, komponen bagian bawah mobil juga lebih rentan kotor karena jaraknya terlalu dekat dengan permukaan jalan.

    • Memasang Alat Penghemat BBM

    Semakin hari harga bahan bakar kendaraan bermotor terus melonjak, sehingga cukup memberatkan bagi pemilik mobil. Memasang alat penghemat BBM merupakan salah satu solusi atas permasalahan tersebut.

    Namun, apakah Anda tahu bahwa tindakan tersebut tidak diperbolehkan? Alat semacam itu belum tentu dapat mengurangi emisi dan meningkatkan nilai oktan. 

    Justru kemungkinan besar dapat menimbulkan kerusakan pada komponen mesin dan mengganggu sistem pembakaran. Itu sebabnya, pemilik mobil tidak disarankan memasang alat penghemat BBM dan sejenisnya jika tidak ingin mesinnya bermasalah.

    • Mengubah Lampu Sein

    Bagian lampu sein sebaiknya tidak diubah, berdasarkan PP No. 55 Tahun 2012 tertulis bahwa sinar lampu sein harus berkedip dan berwarna kuning.

    Itu sebabnya, tidak boleh mengubah lampu sein dengan warna lain karena dapat mempengaruhi visibilitas dan konsentrasi pengguna jalan lain. 

    Selain itu, jangan menggunakan lampu LED yang terlalu menyilaukan karena dapat meningkatkan potensi kecelakaan. 

    Demikianlah beberapa modifikasi mobil yang seharusnya dihindari supaya Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Jika ingin melakukan modifikasi sebaiknya konsultasikan dulu dengan teknisi profesional di bengkel resmi Suzuki.