Mengenal Front Wheel Alignment Pada Kendaraan dan 5 Sudutnya.

icon 10 April 2023
icon Admin

Wheel alignment merupakan proses penyesuaian ulang posisi roda pada kendaraan agar sesuai dengan spesifikasi pabrik. Tujuan utamanya adalah untuk meluruskan roda mobil agar agar kualitas stabilitas kendaraan tetap baik dan nyaman saat digunakan berkendara.

Selain itu, hal ini juga penting untuk memperpanjang umur pemakaian ban kendaraan, terutama alignment roda bagian depan. Karena itu, kenali apa saja sudut roda yang harus diluruskan atau disesuaikan dengan spesifikasi pabrik di proses alignment melalui artikel ini.

Apa Itu Front Wheel Alignment Pada Mobil dan 5 Sudutnya

Salah satu jenis penyesuaian yang penting untuk dilakukan adalah alignment pada front wheel atau roda depan. Dalam melakukan penyetelan, teknisi akan menggunakan alat bernama alignment machine. Berikut ini front wheel alignment pada kendaraan dan 5 sudutnya yang harus diperiksa dan disesuaikan pada alignment:

  • Camber

Camber adalah sudut kemiringan roda depan kendaraan pada sumbu vertikal, jika dilihat dari depan atau belakang kendaraan. Sudut ini terbentuk dari garis vertikal pada posisi roda dan permukaan jalan.

Sudut ini dapat bersifat positif, negatif, atau netral. Camber positif adalah ketika bagian atas roda condong ke arah luar kendaraan, sedangkan camber negatif adalah ketika bagian atas roda condong ke arah dalam kendaraan.

Adapun camber netral adalah ketika permukaan rodanya paralel dengan permukaan jalan. Umumnya, digunakan penyetelan camber netral untuk meningkatkan stabilitas kendaraan saat melaju pada kecepatan tinggi.

  • Caster

Jenis selanjutnya adalah caster, yaitu sudut yang terbentuk dari garis vertikal pada sumbu kemudi kendaraan dan garis vertikal pada roda depan kendaraan. Sudut ini menggambarkan arah miringnya sumbu roda terhadap sumbu vertikal.

Seperti camber, terdapat caster positif, negatif, atau netral. Caster positif mengacu pada penyetelan garis vertikal sumbu kemudi yang miring ke belakang kendaraan. Sedangkan pada caster negatif, garis vertikal sumbu kemudinya miring ke depan.

Sementara itu, caster netral adalah ketika garis vertikal sumbu kemudi disetel tegak lurus dengan permukaan jalan. Penyetelan sudut caster yang benar akan membantu mobil menjaga arah di kecepatan tinggi dan memudahkan perputaran kemudi.

  • Toe (Toe In & Toe Out)

Sudut yang perlu disesuaikan saat front wheel alignment selanjutnya adalah toe, yaitu sudut yang terbentuk dari jarak antara kedua roda depan kendaraan pada sumbu horizontal, jika dilihat dari atas kendaraan.

Sudut toe menggambarkan arah roda depan kendaraan jika dilihat dari depan, dan dapat terbagi menjadi dua, yaitu toe in dan toe out. Pada toe in, kedua roda depan condong ke arah tengah, sedangkan pada roda depannya toe out condong ke arah luar.

  • Toe On Turns

Toe on turns (toe saat belok) disebut juga sebagai sudut ackerman atau radius belok. Sudut ini terbentuk dari jarak antara kedua roda depan kendaraan pada saat berbelok. Dalam setelannya, toe out saat belok harus sama ketika berbelok ke kiri atau kanan.

  • Steering Axis Inclination (SAI)

Terakhir adalah Steering Axis Inclination atau SAI, yaitu sudut yang terbentuk dari garis vertikal pada sumbu kemudi kendaraan dan garis vertikal pada pusat roda depan. Sudut ini menggambarkan kemiringan sumbu roda terhadap garis vertikal mobil.

SAI digunakan untuk membantu mengarahkan roda depan saat kendaraan berbelok, dan juga memastikan kemiringan roda depan tetap sama pada setiap perputaran kemudi agar tetap stabil.

Front wheel alignment sangat penting dilakukan secara berkala untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan berkendara. Jadi, jika mengalami gejala kerusakan pada roda depan atau front wheel, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk melakukan alignment.

Untuk memudahkan langkah perawatan pada mobil Anda, segera buat jadwal servis mobil Anda sekarang dengan mudah melalui website berikut ini https://suzukidealercab.co.id/.