Berita

    Ketahui Tips Memasang Lampu Sein LED pada Spion Mobil

    Memasang lampu sein LED di mobil menjadi salah satu tren yang kini sering dilakukan oleh para pecinta otomotif. Dengan lampu sein LED, maka spion akan terlihat semakin cantik dan pengendara dari arah berlawanan juga dapat semakin waspada.

    Kini Anda tidak perlu pergi ke bengkel bila ingin memasang lampu tersebut. Lihatlah beberapa tips di bawah ini agar Anda bisa memasangnya sendiri di rumah.

    Tips Memasang Lampu Sein LED di Mobil

    Di antara tips-tips di bawah ini, ada yang harus dilakukan sebelum membeli LED, lalu sebelum memasangnya, dan setelahnya. Disarankan untuk membaca tips secara keseluruhan dulu baru membeli LED untuk spion mobil Anda.

    • Mengecek Kondisi Aki

    Sebelum membeli LED untuk spion Anda, Anda perlu tahu bahwa lampu tersebut membutuhkan listrik DC dengan voltase rata-rata 12 volt. Maka dari itu, pastikan bahwa voltase aki Anda masih cukup untuk menyuplai listrik mobil Anda.

    Anda bisa menggunakan voltmeter untuk mengecek kondisi aki. Rata-rata aki yang baik memiliki voltase di antara 12,4 sampai 12,7 volt. Bila aki Anda memiliki voltase kurang dari itu, maka Anda perlu memperbaiki atau menggantinya.

    • Mencuci Spion

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci spion mobil Anda. Hal ini agar beragam kotoran yang masih menempel bisa dibersihkan terlebih dahulu dan tidak menimbulkan kerak ketika lampu LED dipasang.

    Dalam mencuci spion mobil Anda, cobalah untuk menggunakan sabun cuci khusus mobil atau sampo anti ketombe tanpa conditioner bila tidak ada. Hal ini bertujuan untuk mencegah terkelupasnya selotip pada cover spion dengan mudah.

    • Perhatikan Pemasangan

    Perhatikan cara Anda memasang lampu sein, terutama bila ini adalah kali pertama Anda memasangnya. Hindari hal-hal yang dapat membuat korsleting pada mobil Anda seperti kesalahan pada pemasangan kabel yang tidak sesuai dengan kutub aki.

    • Merapikan Kabel

    Setelah memasang lampu sein LED di mobil, jangan biarkan kabel-kabel berantakan dan saling menjuntai. Hal ini dapat melihat pemandangan yang kurang enak serta membahayakan Anda sendiri.

    Oleh sebab itu, merapikan kabel-kabel tersebut dengan kabel ties kecil. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kabel-kabel telah tersambung dan terselotip dengan rapat. Hal ini bertujuan untuk mencegah korsleting yang bisa merusak mobil Anda.

    • Pengecekan Ulang