Berita

    Ketahui Cara Mengecek Busi Mobil Hidup Atau Mati Secara Mandiri

    Busi merupakan salah satu komponen vital pada mobil. Jika busi mobil mengalami permasalahan dapat mengganggu kerja mesin dan pada kondisi tertentu tenaga akan berkurang.

    Meski berukuran kecil, busi memiliki fungsi yang sangat penting bagi mobil. Benda ini memiliki kemampuan yang dapat berpengaruh pada nyala matinya mesin mobil. Permasalahan ini umumnya terjadi pada mobil yang cukup tua.

    Sebagai pemilik mobil, Anda tentu harus mengetahui komponen penting yang terdapat pada mobil agar dapat mengatasi jika terjadi permasalahan. Salah satunya adalah mengetahui busi mobil hidup atau mati. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kendala yang dapat menghambat perjalanan dan kepentingan Anda yang lain. 

    Menyerahkan mobil ke bengkel saat terjadi permasalahan memang dapat mempermudah hidup Anda. Namun, ada beberapa permasalahan yang sebenarnya dapat Anda perbaiki sendiri sehingga biaya yang dikeluarkan pun akan lebih hemat. Saat ini sudah banyak video tutorial maupun penjelasan secara tertulis. 

    Seperti pada artikel ini yang akan menjelaskan bagaimana tips mudah yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengecek busi dalam mobil hidup atau mati. Simak penjelasan berikut ini.

    Cara mengecek busi mobil mati atau hidup secara mandiri

    Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi permasalahan busi kendaraan Anda.

    • Buka kap mesin.
    • Nyalakan mesin, sembari injak gas perlahan untuk menaikkan RPM.
    • Cabut kabel busi satu per satu. Sebagai bentuk waspada Anda harus menggunakan sarung tangan untuk menghindari setruman listrik yang cukup mengejutkan jika kabel mengalami kebocoran.
    • Perhatikan saat mencabut kabel busi. Busi yang normal ditandai dengan berubahnya RPM mesin. Sebaliknya, busi yang rusak tidak akan mempengaruhi perubahan RPM mesin. Jika dapat berubah, RPM hanya akan berubah atau naik sedikit.
    • Bandingkan busi yang baru dengan busi yang baru saja Anda untuk menguji mana yang normal.
    • Jika busi menunjukkan tanda-tanda akan mati, Anda dapat coba membersihkannya terlebih dahulu atau juga dapat menggantinya. Namun, lebih baik untuk mengganti busi dengan yang normal meski tidak dengan yang baru.
    • Jika busi diganti dan hasilnya masih tetap sama, yaitu mesin tidak hidup, kabel busi harus segera diganti. Namun, jika busi masih menunjukkan busi mati setelah mengganti kabel, bisa dipastikan kabel busi tersebut bermasalah atau rusak. Suka tidak suka, Anda harus menggantinya untuk memperbaiki masalah busi yang mati.