Berita

    Kaca Mobil Macet? Tenang! Berikut Cara Mengatasinya

    Salah satu masalah paling umum ketika Anda memiliki mobil adalah kaca mobil yang macet dan sulit untuk ditutup atau dibuka. Hal ini tentu membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman ketika berkendara mobil.

    Ada berbagai alasan di balik macetnya kaca kendaraan mobil Anda. Selain itu, tentu ada pula penanganan ketika kaca pada mobil Anda macet. Maka dari itu, simak pembahasan alasan serta cara mengatasi kaca yang macet pada mobil.

    4 Alasan dan Penanganan Kaca Mobil Macet, Mudah!

    Sebagai pemilik kendaraan mobil, merawat dan menjaga kaca adalah bagian termudah serta terpenting. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui alasan dan cara penanganan untuk kaca kendaraan mobil macet. Simak 4 pembahasannya di bawah ini!

    • Masalah Pada Rel Karet Kaca

    Permasalahan pada kaca kendaraan mobil Anda yang paling sering dialami adalah rel karet kaca yang terlalu kotor. Kondisi karet kaca yang kotor dan berdebu membuat rel karet kaca akan macet dan sulit untuk menutup jendela mobil. Hal ini karena getas rel kaca menjadi kurang elastis.

    Maka dari itu, untuk mengatasi permalasahan satu ini adalah dengan membersihkan rel karet dengan kain lap dan/atau menyemprot kaca dengan silicon spray. Penanganan tersebut dapat Anda lakukan sebagai penanganan pertama.

    • Kurangnya Kebersihan Kaca

    Kedua, sudah diketahui bahwa kaca mobil menjadi komponen yang paling sering terkena kotoran dan debu, apalagi jika mobil dipakai setiap hari. Maka dari itu, kurangnya kebersihan kaca seringkali menjadi masalah utama kaca kendaraan Anda macet.

    Misal, debu-debu yang menempel pada kaca mengotor power window, membuat saklar kaca karatan dan sebagainya. Biasanya ketika masalah ini muncul, kaca pada mobil Anda akan berbunyi aneh ketika bergerak naik dan turun.

    Maka dari itu, solusi dari masalah kaca macet adalah bersihkan kaca secara rutin menggunakan cairan pembersih kaca. Anda dapat menggunakan pembersih kaca merk apa saja dan lakukan setiap hari sebelum menggunakan mobil Anda.

    Pexels
    • Masalah Power Window Kaca

    Ketika kaca kendaraan mobil Anda bermasalah, mungkin permasalahannya adalah ada pada power window. Ketika kaca macet, hal pertama yang wajib dicek adalah komponen tersebut. Ada berbagai kemungkinan power motor bermasalah, seperti korsleting listrik dan saklar yang rusak.