Berita

    Hal-Hal yang Menyebabkan Mur Roda Longgar

    Mur roda harus terpasang dengan kencang dan baik supaya tidak kendur saat dipakai. Hanya saja, sering kali pemilik kendaraan tidak sadar apakah mur tersebut sudah terpasang dengan baik atau tidak.

    Pengecekan secara berkala penting untuk dilakukan agar mur tetap terpasang kuat. Maka dari itu pastikan faktor penyebab mur longgar tidak terjadi!

    Penyebab Mur Roda Longgar

    Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat mur pada roda tidak terpasang dengan kencang. Apa saja itu?

    • Pemasangan Baut yang Tidak Tepat

    Faktor pertama karena pemasangan baut yang dilakukan secara asal-asalan. Perlu Anda ketahui, agar mur tidak mengalami kerusakan maka penting untuk mematuhi aturan pemasangan mur pada kendaraan mobil Anda.

    Apabila mur yang Anda pasang terlalu longgar maka bisa mengakibatkan roda mobil terlepas. Begitu pula jika pemasangan baut terlalu kencang, justru bisa membuat mur pada roda mobil mengalami kerusakan.

    Sebaiknya, pasanglah baut dengan mengencangkan mur secukupnya dan benar. Apabila Anda tidak dapat melakukannya sendiri, maka mintalah bantuan teknisi mekanik yang ahli dalam memasang mur pada roda mobil.

    Pilihlah bengkel resmi dan terpercaya untuk memastikan mur terpasangan dengan kuat dari ikatannya. Selain itu, minta juga ketiga komponen tersebut tidak mengalami kerusakan saat hendak membuka atau memasang mur tersebut.

    • Drat atau Ulir Mur Berkarat

    Kondisi drat atau ulir pada mur sangat mempengaruhi kekuatan pemasangan pada roda mobil Anda. Apabila drat atau ulir tersebut berkarat, maka akan membuat mur terasa longgar.

    Penyebab karat pada drat atau ulir ini sering terjadi karena proses oksidasi di sela-sela ulir. Apabila hal ini tidak diperhatikan dalam waktu lama, maka bisa membuat komponen tersebut menjadi rusak.

    Maka dari itu, sebaiknya untuk melakukan perawatan secara berkala agar tidak mengalami masalah pada bagian komponen tersebut. Dengan melakukan pengecekan secara berkala, kondisi mobil Anda dijamin akan tetap prima dan lancar.

    • Kesalahan Teknisi

    Teknisi mekanik pun bisa membuat kesalahan seperti memasang mur pada roda terlalu kencang. Akibatnya terjadi ketegangan lebih yang menyebabkan mur pada roda mobil tersebut perlahan-lahan lepas kembali.

    mur roda longgar

    Memilih bengkel yang abal-abal juga berpotensi terjadinya pemasangan baut yang tidak tepat. Baik dengan penggunaan mur yang tidak tepat atau kondisi komponen yang sudah tidak baik sejak awal.

    Hal ini yang membuat mur bisa mengalami kerusakan secara menyeluruh sehingga harus melakukan penggantian komponen dari awal. Maka dari itu penting untuk memilih bengkel resmi untuk menghindari kesalahan teknis seperti ini.

    Solusi Mur Roda Longgar Sendiri

    Tanpa disadari, mur pada roda mobil juga sering longgar dengan sendirinya sehingga harus diatasi agar tidak menyebabkan masalah fatal. Adapun solusi dari masalah mur yang longgar sebenarnya cukup mudah sebagai antisipasi agar mur tidak lepas.

    Cara pertama bisa dilakukan dengan menggunakan lem baut atau biasa disebut dengan sealant. Produk ini berfungsi untuk merekatkan dua permukaan dan mengisi antar celah agar tidak terjadi kelonggaran pada pemasangan mur kendaraan.

    Alternatif lainnya Anda juga bisa menggunakan nord-lock yang mampu memberikan tegangan tekanan berlebih terhadap baut. Komponen ini bisa menjadi solusi agar baut tetap terpasang dengan kencang dan tidak mudah longgar.