Berita

    Banyak yang Belum Tahu, Ini Dia Jenis Oli Mobil

    Meski jarang diketahui secara keseluruhan, namun ternyata ada berbagai jenis oli mobil yang penting untuk mendukung kinerja mobil secara utuh. Biasanya, banyak orang yang hanya mengenal oli transmisi dan oli mesin saja.

    Padahal, untuk menjalankan mobil dengan maksimal, umumnya diperlukan berbagai jenis pelumas lainnya. Simak penjelasan berikut ini untuk dapat memahami berbagai macam oli yang lainnya.

    Jenis Oli Mobil

    Oli merupakan komponen mobil yang memiliki masa pakai sehingga perlu dilakukan penggantian secara berkala. Penggantian ini biasanya dilakukan ketika sedang melakukan servis atau perawatan mobil secara rutin.

    Tidak hanya oli mesin dan oli transmisi, ada beberapa jenis lainnya yang juga memiliki fungsi penting. Berikut merupakan penjelasan dari setiap jenis dari oli yang umum diperlukan untuk berbagai tipe mobil.

    • Oli Mesin

    Jenis  yang paling umum dan yang paling biasa Anda temukan yaitu oli mesin. Oli ini terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu oli full sintetik, oli semi sintetik, serta oli mineral.

    Jenis tersebut didasarkan dari bahan pembuatannya. Oli mineral berasal dari bahan yang berupa minyak bumi, sedangkan oli full sintetik merupakan perkembangan oli yang dibuat berdasarkan karakteristik dari mesin mobil.

    Selanjutnya, ada jenis oli mobil bensin yang berbahan semi sintetik, yaitu kombinasi dari kedua jenis sebelumnya.

    Untuk oli mesin ini, umumnya perlu diganti setiap mobil sudah mencapai 5 ribu sampai 10 ribu kilometer. Namun, penggantian oli ini juga bisa didasarkan dengan pola pemakaiannya.

    Untuk mobil yang biasa melaju di perkotaan padat dan sering mengalami kemacetan, maka bisa jadi penggantian oli perlu dilakukan sebelum mencapai kilometer tersebut.

    Selain dengan patokan jarak, bisa juga dengan memakai patokan waktu, umumnya oli diganti setiap enam bulan.

     

    Istockphoto.com

     

    • Oli Transmisi

    Selanjutnya, ada oli transmisi yang dibutuhkan oleh berbagai jenis kendaraan, baik transmisi matic maupun manual. Sesuai dengan namanya, jenis oli transmisi manual dan matic ini penting untuk mendukung kelancaran dari pergantian gigi.

    Selain itu, oli ini juga dapat mendukung perawatan dari berbagai komponen transmisi, sehingga tidak mudah rusak.

    Meski tetap memiliki masa pakai, namun jenis oli transmisi matic dan manual ini penggantiannya lebih lama dibanding oli mesin.

    • Oli Gardan