Berita

    Featured Image

    Tips! Alur Perawatan dan Service Mobil di Bengkel Resmi

    Servis mobil merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil untuk menjaga performa mobil. Melakukan servis mobil akan lebih terjamin jika dilakukan di bengkel resmi. Lalu, bagaimana cara servis mobil?

    Bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan servis mobil mungkin Anda bingung apa yang harus dilakukan. Anda tidak perlu bingung, melakukan servis di bengkel resmi sangatlah mudah untuk dilakukan.

    Tata Cara Servis Mobil di Bengkel Resmi

    Berikut terdapat tips servis mobil di bengkel resmi yang bisa Anda coba lakukan.

    • Pendaftaran

    Pertama, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran bisa Anda lakukan dengan berkunjung langsung ke lokasi bengkel resmi atau booking terlebih dahulu secara online melalui aplikasi atau website resmi bengkel.

    Pada laman booking, Anda akan diminta mengisi data diri, data kendaraan sampai jadwal pelayanan servis. Anda bisa mengisi jadwal servis sesuai waktu luang Anda. 

    Setelah Anda mendapatkan nomor antrian atau selesai mengisi booking servis, Anda bisa datang ke bengkel sesuai jadwal.

    • Konsultasi

    Sebelum servis mobil dilakukan, teknisi bengkel akan melakukan pemeriksaan awal. Pemeriksaan bisa meliputi bagian mesin, sistem pengapian, sistem bahan bakar, sampai sistem rem mobil.

    Konsultasi dengan mekanik.jpgFreepik.com

    Pada waktu ini, Anda bisa sampaikan semua keluhan mengenai kondisi mobil Anda. Supaya tidak ada keluhan yang terlewat, Anda bisa mencatat semua keluhan Anda saat di rumah.

    Setelah itu, teknisi akan melakukan pemeriksaan pada bagian mobil yang bermasalah dan mendiskusikan perawatan yang diperlukan mobil Anda.

    • Persetujuan

    Alur atau cara servis mobil berikutnya Anda akan diberitahu mengenai penggantian suku cadang, jenis perawatan, dan estimasi biaya servis. Setelah Anda menyetujui biaya dan jenis perawatan yang ditawarkan, maka proses servis bisa mulai dilakukan. 

    Bagi Anda yang baru saja membeli mobil baru, Anda bisa memanfaatkan layanan servis pertama gratis ketika mobil sudah melampaui jarak tempuh 1.000 km atau setelah 1 bulan. Pada servis pertama ini, Anda bisa mengklaim garansi jika ditemukan kerusakan pada mobil.

    • Servis

    Proses servis sendiri meliputi perbaikan sampai penggantian suku cadang yang diperlukan. Selain melakukan perbaikan, bengkel resmi juga menyediakan servis berkala seperti mengganti oli, filter, dan komponen lainnya. 

    • Uji Coba

    Setelah proses servis selesai dilakukan, maka teknisi akan melakukan uji coba pada kendaraan Anda untuk memastikan jika seluruh komponen dan mesin mobil Anda bekerja sebagaimana mestinya. 

    • Servis Berkala

    Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu melakukan servis secara berkala setelah servis pertama kali. Pertama, semakin lama digunakan beberapa komponen mobil seperti oli dan filter bisa mengalami penurunan fungsi sehingga perlu diganti atau diperbaiki.

    Penggantian oli ataupun filter akan membuat performa mobil kembali optimal. 

    Selain itu, servis berkala juga akan mencegah masalah yang ada pada mobil menjadi lebih parah. Seperti yang Anda ketahui semakin parah kerusakan maka semakin mahal pula biaya perawatannya.

    Lalu, kapan harus melakukan servis secara berkala? Mengenai waktu servis bisa Anda cek di buku manual mobil. Biasanya servis mobil perlu dilakukan minimal setiap jarak tempuh 10.000 km.

    Bagi Anda yang ingin melakukan servis pertama atau berkala, Anda bisa melakukan booking servis dan menentukan jadwal dengan mengunjungi https://suzukidealercab.co.id/