Berita

    Tips Melindungi Mesin Mobil di Musim Panas

    Melindungi mesin mobil di tengah musim kemarau sekarang sangat perlu untuk dilakukan, terutama pada pendinginan mobil. Kondisi cuaca yang terik dan temperatur yang tinggi akan membuat mesin mobil akan cepat panas, sehingga aspek-aspek yang utama dalam kendaraan perlu untuk diperhatikan dan dilakukan perawatan. 

     

    Apalagi kondisi musim kemarau ini terjadi sangat panjang, tentunya kendaraan yang dimiliki harus dilakukan secara berkala. Jika tidak dirawat, mesin kendaraan akan mengalami penurunan performa dan tidak bekerja secara maksimal. Nah, pada artikel kali ini akan membahas tips-tips merawat mobil ketika sedang musim panas. 

    Cara Merawat Mesin Mobil Ketika Musim Panas

    1. Mengecek Oli Mesin 

    Pada dasarnya kinerja dari oli mesin ini untuk menyerap panas dan membuat performa kendaraan bisa bergerak secara maksimal. Dalam suhu yang panas akan membuat kondisi mesin mengalami penurunan performa, sehingga perlu adanya pelumas yang memberikan kinerja yang tinggi atau performa yang baik. 

    Untuk memastikannya perlu dilakukan servis secara berkala dan memastikan oli mesin pada kendaraan yang dimiliki tetap maksimal. 

    2. Perhatikan Bagian Pendingin Mesin 

    Selanjutnya, bagian yang tidak kalah penting adalah komponen pendinginan. Pastikan selalu mengecek dan memantau performanya, caranya dengan memperhatikan tutup radiator dalam kondisi kencang atau tidak dan melihat performa putaran kipas radiator mobilnya. Hal ini sangatlah penting agar mobil tetap maksimal, meskipun dalam kondisi cuaca panas. 

     

    Dampak yang terjadi jika mesin mengalami panas yang tinggi atau overheat, tentunya akan menimbulkan banyak masalah dan berbahaya karena kondisi tersebut bisa saja membuat mesin jebol dan mati total. Apalagi ditambah dengan cuaca panas sekarang kinerja dari komponen pendingin akan bekerja keras, ditambah lagi dengan jalanan yang macet. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan bagian ini tetap dalam kondisi terbaiknya. 

    3. Bersih Dari Barang Mudah Terbakar

    Pernah ada kasus jika dalam mobil tersebut meletakan botol air mineral dan mengakibatkan botol tersebut meleleh karena dipengaruhi oleh suhu panas yang luar biasa. Hal ini bisa saja menyebabkan percikan api dan mobil bisa saja terbakar oleh tindakan tersebut. Jika Anda memiliki mobil, maka penting sekali untuk menghindari barang-barang yang mudah terbakar.

     

    Sisi lainnya, ada yang menyimpan powerbank dan korek api. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya, apalagi jika mobil yang digunakan sering parkir pada tempat yang terik dan menyebabkan mobil bisa saja terbakar. Untuk itulah, penting memperhatikan barang-barang yang ada dalam mobil dan tidak meletakan barang mudah terbakar. 

    4. Mengecek Tekanan Ban 

    Tidak boleh ketinggalan untuk dicek dan diperhatikan adalah mengecek tekanan ban yang ada pada mobil. Jika salah dalam mengukur dan memantau ban mobil, maka berdampak dan menyebabkan ban akan meletus, apalagi jika sedang menghantam jalanan yang berlubang. Hal ini dipengaruhi oleh udara yang panas dan ban langsung bergesekan dengan aspal. 

    ban mobilPexels.com

     

    Dengan begitu, jika Anda ingin berkendara jarak jauh dan musim panas sekarang perlu untuk mengecek kondisi bannya. Pastikan tekanan bannya berada pada kondisi khusus untuk berkendara dalam udara yang terik.

    5. Tidak Parkir di Tempat yang Terik 

    Terakhir, maksimalkan untuk parkir pada tempat yang teduh dan tidak begitu panas. Musim panas seperti ini juga berdampak pada cat mobil dan menimbulkan bodi mobil yang kusam, sehingga pastikan parkirnya pada tempat yang tepat.