Berita

    Simak Penyebab Lubang Knalpot Mobil Menghitam

    Knalpot adalah salah satu komponen mobil yang letaknya berada di bagian belakang bawah mobil. Letaknya yang sulit dijangkau seringkali para pemilik kendaraan kurang memperhatikan kondisinya, seperti permasalahan lubang knalpot menghitam.

    Padahal, knalpot berkaitan dengan kinerja mesin pada mobil. Jika knalpot tidak diperhatikan, maka berkendara akan tidak nyaman dan mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah lubang knalpot yang mengeluarkan asap hitam.

    Lubang knalpot menghitam seringkali terjadi, salah satu penyebabnya adalah batas usia pakai knalpot itu sendiri. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi knalpot yang penting bagi mobil. Simak penjelasan berikut ini.

    Fungsi Penting Knalpot Mobil

    Bagi sebagian orang pastinya sudah mengetahui fungsi utama dari knalpot mobil yaitu komponen mobil yang biasa digunakan untuk membuang gas dari mesin. Tapi, knalpot mobil masih ada fungsi lainnya lho. 

    Knalpot mobil berfungsi sebagai peredam suara bising yang berasal dari mesin. Tidak hanya itu, emisi karbon yang merupakan hasil pembakaran dapat ditekan dengan knalpot mobil. Fungsi selanjutnya adalah sebagai kontrol tekanan balik mesin atau dikenal dengan sebutan back pressure agar kinerja dan daya tahan mesin mobil meningkat.

    Dengan demikian, dapat dilihat bahwa knalpot mobil memiliki fungsi krusial yang mampu mempengaruhi kinerja mesin dan mobil. Tidak dapat dipungkiri, batas usia pakai knalpot memang menjadi salah satu penyebab lubang knalpot mobil menghitam. Untuk lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

    5 Penyebab Lubang Knalpot Menghitam

    Tidak hanya dikarenakan usia pakai, knalpot yang menghitam juga disebabkan oleh faktor lainnya. Apa saja penyebabnya? 

    Berikut adalah beberapa penyebab lubang knalpot mobil menghitam:

            1. Sisa Oli Bekas saat Mesin Bocor

    Mesin yang bocor biasanya akan mengikutsertakan oli masuk ke dalam ruang bakar dan juga terbakar. Untuk mendeteksi kebocoran pada mesin ditandai dengan keluarnya asap berwarna putih.

            2. Proses Pembakaran yang Kurang Baik

    Proses pembakaran yang kurang baik dapat menyebabkan lubang knalpot menghitam. Hal ini dapat diantisipasi dengan dilakukannya tes atau uji emisi. Jika uji emisi menunjukan hasil yang baik, maka knalpot menghitam bukan disebabkan oleh proses pembakaran.