Berita

    Penyebab Knalpot Mobil Bocor dan Kapan Harus Diganti

    Komponen knalpot mobil memiliki peran penting untuk membuang gas dari sisa pembakaran di dalam mesin. Namun, seiring berjalannya waktu, atau disebabkan oleh berbagai hal lainnya, komponen penting ini bisa mengalami kebocoran.

    Sebaiknya, Anda mengetahui berbagai hal yang bisa menjadi penyebab kebocoran knalpot pada mobil. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai antisipasi dan merawat knalpot dengan lebih optimal.

    Penyebab Knalpot Mobil Bocor

    Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab bocornya knalpot pada mobil Anda. Berikut merupakan beberapa faktor yang penting untuk diketahui, karena akan berhubungan dengan cara penggunaannya.

    • Faktor Usia Pemakaian

    Terdapat berbagai macam komponen di dalam mobil yang memiliki usia pakainya masing-masing, termasuk knalpot. Seiring berjalannya waktu, maka kualitas dari knalpot akan mengalami penurunan.

    Jika sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama bahkan melebihi batas usia pakainya, maka bisa saja knalpot menjadi rusak atau bocor. Fungsinya juga tidak berjalan dengan baik lagi, bahkan bisa membahayakan penumpang.

    Usia pakai dari setiap komponen mobil merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, salah satunya yaitu bagian knalpot.

    • Knalpot Retak atau Bolong

    Selain faktor usia, penyebab lain yang sangat umum yaitu adanya bagian yang retak atau bolong. Tentunya, ini bisa berdampak terhadap kebocoran knalpot, sehingga fungsinya tidak bisa berjalan dengan optimal.

    Knalpot menjadi retak atau bolong bisa disebabkan oleh faktor usia maupun faktor pemakaian mobil.

    Berbagai faktor pemakaian yang tidak benar bisa menjadi pemicunya, misalnya terjadinya benturan atau gesekan yang keras atau perawatan yang kurang optimal.

    Untuk meminimalisir risiko human error tersebut, maka sebaiknya Anda berkendara dengan lebih hati-hati. Perhatikan betul situasi dan kondisi sekitar, sehingga mobil aman jadi gesekan atau benturan.

    Melakukan perawatan atau servis rutin juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga kualitas berbagai komponen.

    Pastikan Anda tidak melewatkan jadwal servis rutin, sehingga jika terdapat kerusakan bisa segera terdeteksi.

    • Knalpot Mengalami Korosi atau Karat

    Berbagai macam komponen pada mobil terbuat dari besi, salah satunya yaitu komponen knalpot. Seperti yang sudah diketahui secara umum, besi memiliki risiko mengalami korosi atau berkarat.