Berita

    Mengenal Sparepart yang Dapat Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

    Permasalahan yang paling sering dicoba untuk dihindari oleh pengemudi mobil adalah penggunaan bahan bakar yang berlebih alias boros. Namun, ada beberapa masalah boros bahan bakar dialami karena kondisi sparepart mobil yang usang.

    Maka dari itu, Anda wajib mengetahui komponen suku cadang mesin mobil apa saja yang dapat memengaruhi efisiensi pembakaran bahan bakar. Selain itu, Anda juga patut mengetahui berbagai informasi agar pembakaran bahan bakar mobil Anda lebih optimal.

    Rutin Cek 6 Sparepart Ini agar Irit Bahan Bakar

    Mengecek performa mobil agar bahan bakar tidak boros dapat Anda lakukan dengan cara mengecek beberapa bagian komponen mesin mobil. Berikut ini 6 komponen mesin mobil yang wajib dijaga agar tidak boros bahan bakar:

    • Komponen Mesin Penyaring Udara

    Komponen mesin mobil pertama yang berpengaruh besar terhadap pembakaran bahan bakar adalah filter atau penyaring udara. Tugas utama komponen satu ini adalah menyaring kotoran dari luar agar tidak masuk ke mesin mobil.

    Kondisi filter udara yang kotor akan mempengaruhi pembakaran mesin dan membuat boros bahan bakar, begitu pula sebaliknya. Hal ini karena jika filter udara kotor, maka suplai udara yang masuk untuk proses pembakaran jadi berkurang.

    • Komponen Busi Mesin

    Busi menjadi komponen penting yang memengaruhi apakah mobil Anda boros bahan bakar atau tidak. Komponen ini menciptakan sumber api untuk pembakaran di ruang mesin. Oleh karena itu, kondisinya wajib diperhatikan secara rutin.

    Komponen busi harus bersih dan dijaga elektrodanya agar tidak aus. Jika komponen busi ini mengalami masalah, maka pembakaran bahan bakar akan terganggu dan membuat boros.

    • Komponen CVT

    Sparepart satu ini biasanya terdapat pada kendaraan mobil matic. Komponen CVT (Continuously Variable Transmission) juga berpengaruh pada efisiensi pembakaran bahan bakar mobilmu. Fungsi komponen CVT adalah menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.

    Anda wajib menjaga kondisi CVT agar tidak kotor dan aus. Jika komponen ini mulai kotor atau aus, maka mobil matic Anda akan terasa berat dan justru membuat boros bahan bakar.

    • Komponen Ban Mobil

    Ban merupakan komponen yang memengaruhi boros atau tidaknya bahan bakar mobil Anda. Komponen ban memiliki tekanan angin yang ideal untuk membuat performa mobil Anda optimal. 

    Apabila tekanan angin ban mobil berkurang atau kempis, maka laju kendaraan Anda akan lebih sulit. Hal inilah yang mempengaruhi bahan bakar motor Anda akan lebih boros karena harus memaksa gas bekerja lebih banyak.

    • Komponen Knalpot

    Selanjutnya, Anda wajib memperhatikan komponen knalpot untuk membuat Anda tetap hemat bahan bakar ketika berkendara. Komponen knalpot dengan kondisi tidak optimal, misal knalpot bocor.

    Hal ini membuat kinerja mesin mobil akan lebih keras dan nantinya akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar mobil. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan rutin pada komponen knalpot mobil Anda untuk menghindari hal ini terjadi.

    • Komponen Piston

    Terakhir ada komponen piston yang berfungsi sebagai penerima tekanan pembakaran dan juga sebagai salah satu komponen pada sistem rem. Jika komponen kampas rem tidak optimal, maka berpengaruh pada kinerja piston.

    piston

    Jika kinerja piston tidak maksimal, maka akan berpengaruh pada putaran roda mobil Anda. Hal itu yang juga mempengaruhi tenaga mobil yang harus bekerja keras dan pada akhirnya membuat bensin mobil Anda lebih boros.

    Kesimpulannya, mengenai berbagai sparepart mobil Anda berpengaruh pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Jika komponen-komponen suku cadang mobil dijaga dan diperhatikan dengan baik, maka kesempatan untuk boros bahan bakar menjadi lebih kecil.