Berita

    Tips! Dashboard Mobil Digital vs Biasa

    Dashboard mobil digital sekarang sudah banyak sekali pemakainya. Bahkan banyak orang yang mengganti pemakaian dashboard analog dengan digital supaya lebih canggih.

    Memang benar jika pemakaian dashboard digital lebih canggih. Namun sebenarnya ada juga kelemahannya yang harus Anda pahami. Artikel ini akan mengulas mengenai masing-masing dashboard dan tips memilihnya.

    Perbedaan Dashboard Mobil Digital vs Biasa dan Tips Memilihnya

    Dashboard mobil adalah pusat informasi bagi pengemudi. Ini adalah tempat di mana pengemudi dapat melihat berbagai parameter penting tentang mobil mereka, seperti kecepatan, RPM mesin, suhu mesin, dan banyak lagi. 

    Dalam beberapa tahun terakhir, ada pergeseran dari dashboard analog tradisional ke dashboard digital yang lebih canggih. Berikut ini perbedaannya.

    • Dashboard Mobil Biasa

    Pada dashboard mobil dengan mode analog atau biasa, desainnya tradisional dan telah digunakan dalam mobil selama puluhan tahun. Biasanya terdiri dari jarum pengukur dan skala angka yang memberikan informasi tentang kecepatan, RPM mesin, suhu air, level bahan bakar. Ada pula beberapa parameter lainnya tergantung pada model mobil.

    Salah satu kelebihan dashboard analog adalah kejelasan informasi yang diberikan. Pengemudi dapat dengan mudah melihat posisi jarum di skala angka untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. 

    car dashboard biasaunsplash.com

    Selain itu, beberapa orang merasa bahwa tampilan analog memberikan nuansa klasik dan lebih mudah dibaca. Meski dalam kondisi cahaya yang berubah-ubah sekalipun.

    Namun, kelemahan dari dashboard analog adalah keterbatasan dalam hal fleksibilitas dan kemampuan menampilkan informasi tambahan. Informasi yang ditampilkan pada dashboard analog terbatas pada apa yang telah diprogram oleh pabrikan mobil, dan sering kali tidak bisa disesuaikan oleh pengguna.

    • Dashboard Mobil Digital

    Sementara itu, dashboard digital menampilkan kecanggihan teknologi menggunakan layar LCD atau LED. Ini bisa berupa tampilan penuh atau kombinasi antara tampilan digital dan analog. 

    Dashboard digital memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menampilkan informasi yang berbeda. Seringkali informasi ini disesuaikan oleh pengguna sesuai kebutuhan mereka.

    Salah satu kelebihan utama dari dashboard digital adalah kemampuannya untuk menampilkan informasi dengan cara yang lebih interaktif. Misalnya, beberapa dashboard digital memungkinkan pengemudi untuk memilih jenis informasi yang ingin mereka lihat atau menyesuaikan tampilan sesuai preferensi mereka.

    Selain itu, dashboard digital juga dapat menyajikan informasi dengan cara yang lebih visual. Seperti grafik atau animasi, yang dapat membuatnya lebih mudah dipahami.

    Namun, kelemahan dari dashboard digital adalah kemungkinan gangguan visual yang dapat menyebabkan pengalihan perhatian pengemudi. Selain itu, beberapa orang mungkin merasa bahwa tampilan digital kurang klasik daripada analog.

    Tips Memilih Dashboard Mobil

    Sebelum memutuskan untuk mengganti dashboard mobil, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Antara lain:

    1. Pertimbangkan kebutuhan Anda. Informasi apa yang paling penting saat mengemudi, bisa jadi pertimbangan, apakah dashboard digital lebih cocok ketimbang analog.

    2. Jika memungkinkan, lakukan uji coba pada mobil dengan dashboard analog dan digital. Rasakan perbedaannya dan tentukan mana yang lebih sesuai dengan preferensi dan gaya mengemudi Anda.

    3. Jika Anda tidak yakin, konsultasikan dengan profesional atau teknisi mobil yang dapat memberikan saran berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

    4. Pastikan bahwa dashboard yang Anda pilih memiliki suku cadang yang tersedia dengan mudah. Ini akan mempermudah perawatan dan perbaikan di masa mendatang.

    Pemilihan kedua dashboard ini penting dan harus Anda perhatikan dengan baik. Sebab, kedua jenis dashboard, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.