Berita

    Apa Itu Airbag? Memahami Fungsi dan Kegunaannya dalam Keamanan Berkendara

    Airbag menjadi salah satu bagian sistem keamanan yang sangat penting pada sebuah mobil. Kantung udara ini tersimpan di beberapa bagian pada mobil Anda dan akan mengembang saat terjadi benturan. 

    Menariknya lagi, komponen penting ini ternyata telah menyelamatkan banyak nyawa. Tidak heran jika saat ini setiap tipe mobil berusaha untuk memperhatikan kelengkapan komponen tersebut demi keselamatan para pengemudinya. 

    Apa Itu Airbag?

    Mari berkenalan dulu dengan fitur keselamatan yang satu ini. Kantung udara ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Mobil Anda juga mungkin sudah dilengkapi fitur tersebut. 

    Kantung ini bisa mengembang dan membentuk seperti bantalan. Posisinya ada di beberapa titik, salah satunya di bagian depan atau kemudi. Kantung ini akan mengembang saat terjadi benturan keras misalnya pada saat kecelakaan. 

    Cara Kerja Airbag

    Mungkin terdengar sederhana, namun faktanya kantong ini memiliki fungsi penting bagi keselamatan berkendara. Umumnya kantong ini akan dipasang di bagian depan yaitu pada dashboard mobil Anda. 

    Seiring berjalannya waktu, berbagai tipe mobil semakin melengkapi fitur keamanan mereka. Kantung udara ini tidak hanya berada di bagian dashboard namun juga di titik samping mobil untuk melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan. 

    Kantung udara akan mulai mengembang dan bekerja apabila sistem mendeteksi adanya benturan atau tabrakan. Proses pengembangan tersebut terjadi karena kantung akan diisi oleh gas nitrogen. 

    Begitu ada benturan, kantung akan mengembang dan menjadi bantalan bagi pengemudi maupun menumpang. Jadi pengemudi atau penumpang tidak akan terbentur benda keras di dalam mobil. 

    cara kerja airbagUnplash.com

    Saat sistem tidak menemukan adanya benturan lagi, maka kantung ini akan mengecil secara perlahan. Nitrogen yang ada di dalam kantung akan dikeluarkan dan ukurannya kembali mengecil seperti semula.