Berita

    Ketahui Cara Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

    Aki menjadi komponen penting untuk memasok daya agar sistem kelistrikan pada mobil bisa berjalan. Apabila aki basah rusak Anda tidak dapat menghidupkan mobil. Namun berbeda dengan aki kering yang harus segera diganti, aki basah lebih mudah diperbaiki. 

    Anda bahkan dapat melakukannya sendiri di rumah. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati dan tidak sedang bersama dengan anak-anak. Karena cairan aki bisa menyebabkan iritasi jika terkena ke kulit.

    Aki basah sendiri adalah aki yang mengandung cairan asam sulfat atau asam belerang. Sedangkan aki kering berisi cairan elektrolit seperti gel. Disebut aki kering karena tipe aki yang satu ini cairannya tidak akan tumpah. 

    Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak

    Kelebih dari aki basah salah satunya adalah mudah diperbaiki dan bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan sendiri. Ketika aki basah Anda rusak, lakukan tahapan-tahapan di bawah ini: 

    • Persiapkan Alat-alat 

    Pertama persiapkan dulu alat-alat yang diperlukan untuk membongkar aki basah. Peralatannya tidak banyak dan mudah ditemukan di rumah. Siapkan alat-alat mulai dari sarung tangan berbahan karet, pisau tajam, obeng, pipet, air aki yang baru (zuur), wadah, air tawar, dan charger aki. 

    • Keluarkan Aki Basah dari Mobil

    Setelah alat-alat yang Anda perlukan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mengeluarkan aki basah dari dalam mobil. Sebelumnya pastikan Anda sudah memakai sarung tangan sejak awal, agar tangan Anda terlindungi. 

    Cara melepas aki dari kap mobil yaitu dengan menggunakan obeng. Setelah terlepas, pastikan aki tetap tegak lurus tidak dimiringkan dan jaga jangan sampai terguncang. Setelah itu letakkan aki di atas tempat yang datar dan juga kering.

    Selanjutnya buka penutup aki, jika masih tersegel buka segel dengan hati-hati menggunakan pisau tajam. Setelah terbuka buang air dari dalam aki

    • Buang Air dari Dalam Aki

    Ketika membuang air aki Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Karena air aki bisa melukai kulit dan mencemari lingkungan. 

    Daripada Anda menuangkan air aki begitu saja, lebih baik gunakan pipet untuk mengeluarkan air aki sedikit demi sedikit. Tuangkan ke wadah khusus agar nantinya lebih mudah untuk dibuang. Cara ini jelas akan lebih aman.  

    • Bersihkan Aki dengan Air Tawar