Berita

    Rem Tangan dan Rem Kaki Mobil Anda Keras? Ini Cara Mengatasinya

    Pernahkah Anda mengalami rem tangan (handbrake) dan rem kaki yang mendadak keras saat hendak digunakan? Kondisi ini tidak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga berpotensi mencelakakan pihak lain. 

    Itu sebabnya Anda harus memastikan sistem keamanan dan seluruh komponen kendaraan berfungsi dengan baik sebelum berkendara. Lantas, apa yang membuat handbrake menjadi keras dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut informasinya!

    Penyebab dan Solusi saat Rem Tangan dan Rem Kaki pada Mobil Menjadi Keras

    Dengan adanya rem Anda bisa mengendalikan laju kecepatan kendaraan sehingga bisa berkendara dengan aman, lancar, dan tidak membahayakan jiwa pengguna jalan lainnya. 

    Itu sebabnya sistem pengereman mobil harus selalu dijaga kondisinya agar bisa berfungsi dengan normal. Seiring berjalannya waktu, mulai timbul masalah pada sistem pengereman tersebut. 

    Salah satu kasus yang terjadi adalah pedal rem yang keras dan terasa tidak nyaman saat digunakan. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi handbrake dan rem kaki yang keras atau macet:

    • Menarik Handbrake dengan Kuat

    Handbrake atau rem parkir berbentuk tongkat atau model tarik yang ditarik terlalu kuat akan menyebabkan tuas rem mengalami kerusakan. 

    Sebaiknya, tariklah tuas secara perlahan sesuai ambang batas gear untuk meminimalisir rem parkir menjadi keras. Sebagai informasi, pada mobil kekinian kasus ini jarang terjadi karena sudah menggunakan handbrake dengan sistem elektrik.  

    • Digunakan saat Banjir

    Salah satu penyebab rem parkir menjadi keras adalah menggunakannya di jalanan yang banjir. Area yang tergenang air menjadi penyebab rem parkir macet dan keras sehingga harus segera dibenahi agar tidak karat. 

    Untuk itu, sebaiknya gunakan rem kaki ketika berada di area banjir. Jika harus parkir, maka hindari menarik tuas handbrake.  

    • Diaktifkan Terlalu Lama

    Hal yang paling sering terjadi adalah pemilik memarkir kendaraannya terlalu lama di satu tempat dan mengaktifkan handbrake. Kondisi ini jika dibiarkan akan membuat rem parkir menjadi keras, atau bahkan menjadi terkunci. 

    Solusinya, hindari penggunaan rem parkir dan ganjal ban mobil dengan batu atau balok jika berencana untuk parkir dalam waktu yang lama.

    • Kurang Paham Perbedaan Rem Parkir Transmisi Manual dengan Matic

    Sebagian pengemudi kurang memahami perbedaan penggunaan rem tangan antara mobil matic dengan manual sehingga menyebabkan rem menjadi keras. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu cara penggunaannya melalui buku manual. 

    • Jarang Digunakan

    Rem parkir yang jarang digunakan juga bisa membuatnya macet atau keras. Untuk itu, sebaiknya sesekali gunakan secara teratur agar tidak terjadi korosi yang bisa muncul akibat jarang digunakan.  

    • Booster Mengalami Kerusakan 

    Pedal rem menjadi keras umumnya berkaitan dengan booster yang rusak atau aus. Bahkan, jika sudah terlalu parah pedal rem tersebut tidak bisa diinjak sama sekali. 

    Saat ini terjadi, solusi terbaik adalah segera melakukan penggantian booster. Jika booster yang rusak dibiarkan terlalu lama, maka sistem pengereman pada mobil tidak bisa bekerja secara optimal. 

    • Minyak Rem Menipis

    Jika pedal rem terasa keras saat diinjak, ada kemungkinan penyebabnya adalah minyak rem yang menipis. Kondisi ini bisa dikarenakan habis karena masa pakai atau ada kebocoran. 

    pedal rem kaki keras

    Pixabay.com

    Apabila memang menguap sesuai usia pemakaian, Anda tinggal menambahkan minyak rem sesuai ambang batas yang ditentukan. 

    Namun bila penyebabnya adalah karena ada yang bocor, maka harus ditelusuri lebih lanjut dimana letak kebocoran tersebut sebelum menambahkan minyak rem. 

    • Kampas Rem Habis

    Selain minyak rem, penyebab kerasnya pedal juga bisa disebabkan karena kampas rem yang telah habis. Untuk kondisi ini biasanya mudah terdeteksi karena selain pedal rem terasa keras, habisnya kampas rem juga akan mengeluarkan bau hangus. 

    Satu-satunya cara untuk mengatasi kampas rem yang habis adalah segera menggantinya dengan komponen baru. 

    Itulah beberapa penyebab yang membuat rem tangan dan rem kaki menjadi keras dan macet serta solusinya.