Berita

    Cara Aman Mengatur Spion Mobil agar Berkendara Lebih Nyaman

    Apakah Anda tahu jika mengatur spion mobil bukanlah perkara sepele? Ya, mengatur spion dengan posisi benar dan sesuai merupakan hal wajib yang dapat Anda lakukan sebagai pengemudi.

    Namun, untuk mengatur spion ini juga menjadi hal yang mudah sekaligus sulit. Selain Anda wajib memosisikan spion sesuai dengan jarak pandang Anda sebagai pengemudi, banyak aspek lainnya yang patut Anda ketahui berikut ini!

    4 Cara Atur Spion Mobil yang Tepat

    Terkadang, pengemudi mobil sudah andal dalam mengemudikan mobilnya. Tapi, permasalahan mengatur spion dengan benar agar mengemudi lebih nyaman masih saja sulit dilakukan.

    Hal ini dikarenakan butuh ketelitian agar Anda dapat memposisikan spion dengan tepat dan benar. Maka dari itu, simak 4 cara mengatur spion dengan baik agar Anda nyaman mengemudi berikut:

    • Posisikan duduk di Kursi Pengemudi

    Cara paling pertama yang dapat Anda lakukan adalah memposisikan duduk di kursi pengemudi. Anda dapat duduk tegak dan melihat spion sebelah kanan dan perhatikan posisi mana yang tepat.

    Misal, kaca spion kurang memperlihatkan bagian bawah penglihatan Anda. Maka, Anda dapat memposisikan spion kanan Anda sedikit ke bawah sampai keseluruhan area dapat Anda lihat dengan jelas.

    Selanjutnya, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan spion sebelah kiri. Apabila Anda sudah melakukan kedua hal tersebut, Anda dapat mencoba untuk mengendarai mobil dan perhatikan apakah spion Anda sudah nyaman dan tepat.

    • Atur Spion Tengah

    Selain spion kanan dan kiri, ada komponen spion yang penting juga untuk diperhatikan, yaitu spion tengah. Spion tengah berfungsi untuk melihat kondisi bagian belakang mobil yang mana tidak dapat terlihat oleh spion kanan dan kiri.

    Cara mengatur spion tengah juga sama seperti spion kanan dan kiri, yaitu mengatur hingga bagian belakang mobil terlihat lebih jelas keseluruhan. Usahakan Anda tetap berada di posisi duduk tegak seperti mengendarai mobil.

    • Perhatikan Area Blind Spot

    Mengatur spion kendaraan Anda juga perlu memerhatikan blind spot. Tujuan Anda memerhatikan blind spot ini adalah untuk memperkirakan badan mobil Anda agar pas, terlebih ketika Anda berkendara dalam keadaan padat.

    Area satu ini tidak dapat terlihat pada spion kanan, kiri maupun tengah. Sehingga, Anda perlu memerhatikan bahwa terdapat spot yang tak terjangkau dan wajib diperhatikan perhitungan tepat atau tidaknya.

    • Cek Bersama dengan Orang Lain

    Terakhir, Anda dapat melakukannya dengan orang lain. Artinya, Anda dapat meminta tolong kepada orang lain untuk mencoba apakah aturan spion mobil Anda sudah tepat atau belum. Caranya, Anda dapat meminta orang lain tersebut untuk mengelilingi mobil.

    Jika Anda sudah dapat melihat orang tersebut dengan 3 spion kendaraan Anda dan tidak ada pantulan dari blind spot, maka posisi spion Anda sudah tepat.

    Atur Spion secara Tepat Demi Kenyamanan Berkendara!

    Jika Anda mengetahui 4 cara aman untuk mengatur spion kendaraan Anda seperti di atas, maka berkendara akan lebih aman dan nyaman. Anda dapat melakukan manuver kendaraan dengan tepat dan mengurangi risiko kecelakaan.

    pentingnya mengatur spionUnsplash.com

    Karena banyak kasus kecelakaan di jalan, seperti mobil Anda menyerempet mobil lain adalah karena tidak tepat dalam mengatur posisi spion. Maka dari itu, aturlah spion mobil kendaraan Anda dengan tepat!