Berita

    Featured Image

    Bahaya Jika Telat Ganti Oli Mobil, Ini Efeknya !

    Oli merupakan salah satu bahan pelumas yang dibutuhkan setiap kendaraan bermotor untuk memaksimalkan kinerja mesin. Fungsinya adalah sebagai pelicin bagian-bagian mesin yang terbuat dari logam saat bergesekan. Oli memiliki usia pakai yang tidak panjang, sehingga efek telat ganti oli mobil bisa sangat fatal bagi si pengendara.

    Kualitas oli akan menurun seiring dengan lama penggunaan mobil dan wajib diganti pada periode waktu atau jarak tempuh tertentu secara reguler. Pada umumnya saat mobil telah menempuh jarak sejauh 10.000 km atau dalam rentang enam bulan sekali penggantian oli wajib dilakukan. Namun, situasi tertentu bisa membuat penggantian oli lebih awal harus dilakukan. 

    Disarankan bagi pengendara mobil dalam kota untuk lebih mengacu berdasarkan periode waktu ketimbang jarak tempuh. Ini dikarenakan kondisi kota-kota besar yang sering macet akan membuat usia oli lebih pendek dari yang seharusnya.

    Mengganti oli tepat waktu akan menghindarkan mobil Anda dari kerusakan dini dan memendeknya usia pakai mobil. Oli adalah bahan yang digunakan di bagian internal mesin, karena itu sangat penting untuk memahami dampak dari keterlambatan mengganti oli.

    Efek Telat Ganti Oli Mobil

    1. Boros Bahan Bakar

    Fungsi oli sebagai pelumas bagian-bagian logam yang bergesekan dalam mesin mobil akan membuat kinerja mobil lebih ringan. Semakin minim daya gesekan antar bagian akan meningkatkan performa mobil ketika melaju di jalanan. 

    Keterlambatan mengganti oli mobil akan membuat gesekan antar logam dalam mesin mobil kian kuat dan berakibat beratnya daya tarik yang dihasilkan. Efek berlanjut pada daya mesin yang semakin besar untuk memacu mobil sehingga pengendara harus merogoh kocek untuk membeli lebih banyak bahan bakar. 

    2. Merusak Komponen Mesin

    Oli yang melampaui masa pakainya akan berubah menjadi keruh dan tidak cukup encer lagi untuk melumasi komponen mesin dari logam. Akibatnya, komponen yang terletak di internal mesin akan dilapisi kerak dan membuat kinerja dan usia mobil menurun.

    3. Turun Mesin

    Oli yang berubah jadi kerak pada komponen logam mobil berakibat pada kompresi mobil yang menjadi lemah dan menurunnya performa mobil. Kerusakan yang fatal tidak akan bisa dihindari jika mobil dipaksakan untuk terus melaju di jalanan. Segera lakukan penggantian oli ketika situasi ini terjadi.

    4. Membuat Mesin Panas Berlebihan