Berita

    Mobil Anda Masuk Lubang? Ini Bagian yang Harus Dicek

    Lubang jalan bisa sangat membahayakan para pengemudi mobil. Jika kurang beruntung, mobil Anda bisa saja masuk ke lubang dan mengalami kerusakan. Kondisi seperti ini tentu harus segera diperiksa dan diambil solusi yang tepat. 

    Ada beberapa jenis komponen mobil yang rentan mengalami kerusakan setelah melintas di jalan berlubang. Apabila mobil Anda baru saja masuk ke lubang di tengah jalan, pastikan untuk segera memeriksa komponen-komponen tersebut!

    Mengecek Mobil setelah Masuk Lubang Jalan

    Pemeriksaan mobil setelah tanpa sengaja masuk ke lubang di jalan memang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar Anda bisa langsung tahu jika ada kerusakan dan segera melakukan tindakan penanganan yang tepat. 

    Ada beberapa jenis komponen pada mobil yang bisa terkena dampak langsung saat Anda menerobos jalanan berlubang. Berikut ini beberapa jenis komponen yang dimaksud:

    • Tie Rod

    Pertama-tama Anda perlu memeriksa komponen tie rod. Ini merupakan bagian yang menghubungkan bagian roda dengan power steering. Saat menghantam lubang, biasanya tie rod akan mengalami dampak langsung. 

    Jika benturan cukup keras maka tie rod bisa jadi akan bengkok lalu patah. Dalam kondisi seperti ini mobil Anda tidak akan bisa digerakkan dan harus diderek agar bisa berpindah tempat. 

    • Control Arm

    Kemudian ada bagian control arm yang juga bisa terkena dampak setelah mobil masuk ke lubang jalan. Risiko kerusakan pada komponen ini akan semakin tinggi jika benturan pada mobil cukup keras. 

    Masuknya mobil ke lubang di jalan bisa membuat control arm bengkok. Apabila kerusakan bagian ini cukup parah maka akan berdampak pada kemudi. Kemudi akan tertarik ke satu sisi dan sulit untuk dikendalikan. 

    • Suspensi

    Benturan pada mobil saat menghantam lubang di jalan juga bisa memicu kerusakan atau gangguan suspensi. Jika terjadi kerusakan maka bagian suspensi ini akan amblas dan posisi mobil jadi miring. 

    suspensi dan shockbreaker

    Biasanya kondisi seperti ini terjadi saat benturan pada mobil sangat keras. Jika tidak terlalu keras maka komponen suspensi bisa bertahan dan masih berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. 

    • Ban 

    Anda juga harus memeriksa bagian ban mobil karena komponen ini rentan rusak setelah melewati jalanan berlubang. Apalagi ban adalah bagian yang langsung menyentuh permukaan jalan. 

    Jika Anda melewati jalanan berlubang yang cukup parah dan kecepatan cukup tinggi, maka ban berpotensi rusak. Bahkan bagian velg ban juga bisa ikut rusak karena harus mengakomodasi beban yang diterima oleh ban. 

    • Stabilizer Bar Link

    Komponen berikutnya yang harus diperiksa setelah mobil melewati lubang jalan adalah stabilizer bar link. Bagian ini bertugas menjaga stabilitas mobil ketika berbelok dan biasanya mudah rusak jika mobil mengalami benturan. 

    Jika komponen ini rusak, maka akan muncul suara ketukan keras saat mobil Anda melewati jalanan tidak rata. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. 

    • Knalpot

    Bagian knalpot ternyata juga bisa merasakan dampak langsung saat mobil melaju di jalanan berlubang. Bagian yang menjadi saluran pembuangan sisa pembakaran ini bisa terhantam tepi lubang jika mobil amblas lumayan dalam. 

    Kerusakan pada knalpot bisa memicu terjadinya kebocoran. Selain itu knalpot juga bisa mengeluarkan suara bising yang tidak normal. Tentunya hal ini harus segera diatasi agar knalpot kembali berfungsi dengan baik.