Berita

    Kenali Fungsi Exhaust Manifold, Cara Kerja, dan Komponennya

    Dikenal juga sebagai header knalpot, exhaust manifold adalah saluran yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengarahkan gas buang atau hasil sisa ruang pembakaran mobil. Gas ini akan disaring pada katalis dan muffler knalpot.

    Gas buang ini memiliki banyak kandungan berbahaya. Oleh karena itu, penyaringan dimaksudkan untuk meminimalisir kandungan gas berbahaya yang keluar dari knalpot. Sehingga, gas yang dilepas tidak menambah polusi udara.

    Fungsi Exhaust Manifold

    Ada tiga fungsi dari header knalpot. Berikut adalah masing-masing poin fungsi tersebut beserta penjelasannya:

    • Saluran Gas Buang dari Mesin Pembakaran

    Komponen ini berfungsi sebagai saluran gas buang dari mesin pembakaran dengan cara mengumpulkan gas sisa dari silinder-silinder mesin mobil.

    Lalu, gas akan disalurkan ke exhaust sistem dan berlanjut ke muffler mobil. Jumlah komponen ini berbeda pada setiap mobil tergantung pada banyaknya jumlah silinder mesin mobil.

    Dengan adanya penyaringan ada komponen, kandungan gas buang yang dikeluarkan sudah diminimalisir jumlahnya sehingga mobil lebih ramah lingkungan. 

    • Meredam Suara Ledakan pada Proses Pembakaran

    Ketika proses pembakaran sedang berlangsung, mesin akan mengeluarkan ledakan-ledakan. Suara dari ledakan ini akan terdengar sangat nyaring jika tidak diredam oleh komponen ini. 

    Fungsi ini dapat mengurangi polusi udara dan suara yang bisa disebabkan oleh suara ledakan mesin. Komponen ini akan terus bekerja selama mobil dihidupkan. 

    • Performa Mesin Mobil Menjadi Lebih Efisien

    Exhaust Manifold mampu membantu meningkatkan performa mesin mobil karena dapat mengumpulkan dan menyalurkan gas buang sisa dari pembakaran.

    Nah, jika gas buang ini tidak disalurkan, bisa dipastikan bila kinerja mesin mobil akan mengalami penurunan. Laju mobil bisa jadi lebih lambat. Saluran komponen ini juga perlu rutin dirawat kebersihannya agar penyaringan gas buang bisa berfungsi baik.

    Cara Kerja

    Komponen ini memiliki cara kerja yang sederhana. Di awal, gas buang hasil pembakaran dikumpulkan dari setiap silinder mesin mobil. Lalu, gas ini akan disalurkan dan dikumpulkan dalam satu area di header knalpot.

    Setelah dialirkan lagi ke bagian muffler knalpot dan catalytic converter, gas yang dikeluarkan telah diminimalisir kandungan yang berbahaya. Dengan demikian, hal ini bisa mengurangi beban polusi udara dan gas menjadi tidak bahaya untuk lingkungan dan manusia.