Berita

    Ini Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum & Cara Memperbaikinya

    Aki tidak menyimpan setrum menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi. Tentunya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya perawatan dan pengecekan aki secara berkala.

    Aki pada mobil merupakan salah satu komponen penting untuk sistem kelistrikan mobil. Aki memiliki peran mulai dari mobil dinyalakan, audio mobil, dan komponen penting lainnya. Pastikan Anda memperhatikan kelistrikan mobil bekerja secara baik.

    Bagaimana jika aki kering sehingga aki tidak menyimpan setrum? Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara memperbaikinya? Mari tuntaskan masalah ini melalui penjelasan berikut ini!

    Penyebab Aki Tidak Menyimpan Setrum

    Mobil Anda mengalami masalah? Coba periksa bagian aki mobil. Kerusakan pada aki mobil biasanya karena sudah tidak dapat menyimpan setrum. Berikut beberapa penyebabnya.

            1. Aki dibiarkan kering terlalu lama

    Sebagai pemilik Anda harus mengetahui bahwa air aki sangat penting fungsinya. Jenis aki basah dipastikan harus dalam kondisi terendam agar menghasilkan daya listrik. Aki yang kering dan dibiarkan dalam waktu lama menyebabkan aki kehilangan sistem setrumnya.

            2. Usia Pakai

    Secara umum, batas usia pakai aki adalah antara 3 sampai dengan 5 tahun. Usia pakai aki mobil ditentukan dari kebiasaan penggunanya. Coba cek waktu terakhir Anda mengganti aki mobil. Mobil yang sering digunakan berdampak pada aki mobil yang cepat habis.

            3. Penggunaan Air Aki

    Air khusus untuk aki bernama air zuur. Terdapat cairan tambahan agar dapat digunakan secara maksimal yaitu air aki demineral.

    Pencampuran dua jenis air aki tersebut mampu meningkatkan daya setrum pada aki sehingga mobil Anda dapat hidup secara normal.

            4. Dinamo Ampere Rusak atau Overcharge

    Jika aki tidak menyimpan setrum, bisa saja terjadi kerusakan pada bagian satu ini. Dinamo Ampere yang mengalami overcharge akan panas yang membuat air aki menguap.

            5. Sambungan Aki Longgar

    Kelonggaran yang terjadi pada sambungan aki menyebabkan aki tidak dapat dinyalakan. Sambungan aki yang longgar dapat menyebabkan aki tidak bisa menyala dan sistem setrum aki tidak bekerja optimal.

    Perbaiki Aki yang Kering dengan Cara Ini!